Kamis, 09 Oktober 2014

Dokter Sehat - Informasi Kesehatan Indonesia

Dokter Sehat - Informasi Kesehatan Indonesia


Diagnosa Penyakit Gerstmann-Straussler-scheinker

Posted: 08 Oct 2014 10:16 PM PDT

DokterSehat.Com – Penyakit Gerstmann-straussler-scheinker adalah penyakit prion yang menyebabkan tidak berkoordinasinya otot disertai kemunduran fungsi mental yang lambat. Penyakit tersebut fatal, biasanya terjadi sekitar 5 tahun.

Seperti penyakit creutzfeldt-jakob, penyakit gerstmann-straussler-scheinker bisa terjadi dimana saja di seluruh dunia. Meskipun begitu, hal ini tidak sering terjadi dibandingkan penyakit creutzfekdt-jakob, dimulai diawal kehidupan (mempengaruhi orang di usia 40-an dibandingkan pada usia 50-an dan 60-an), dan berjalan lebih lambat (dengan rata-rata harapan hidup 5 tahun hingga 6 tahun).

Biasanya, gejala awal adalah janggal dan tidak tenang ketika berjalan. Otot kejang lebih sering terjadi dibandingkan penyakit creutzfeldt-jakob. Berbicara menjadi sulit, dan terbentuk demensia. Nystagmus (gerakan cepat pada mata dalam satu arah, diikuti dengan lambat kembali ke posisi awal), kebutaan, dan tuli bisa terjadi. Kehilangan koordinasi otot. Otot bisa bergetar dan kaku. biasanya, otot yang mengendalikan pernafasan dan batuk menjadi rusak, akibatnya berada dalam resiko tinggi pneumonia, dimana umumnya menyebabkan kematian.

Diagnosa

Penyakit Gerstmann-straussler-scheinker dicurigai dengan adanya gejala-gejala yang khas serta adanya riwayat penyakit dalam keluarga, diagnosa penyakit ini dapat di konfirmasi dengan pemeriksaan genetik.

Pengobatan

Belum ada pengobatan untuk penyakit Gerstmann-straussler-scheinker, terapi yang dilakukan saat ini hanya bertujuan untuk meringankan gejala.

Penyakit Gerstmann-straussler-scheinker berkembang secara perlahan-lahan antara 2-10 tahun, penyakit akhirnya akan menimbulkan disabilitas berat dan kematian, biasanya setelah penderita mengalami koma atau infeksi sekunder, seperti pneumonia aspirasi akibat gangguan dalam menelan.

5 Cara Diet Mempengaruhi Kecantikan Wanita

Posted: 08 Oct 2014 10:16 PM PDT

DokterSehat.Com – Seperti apa wajah orang saat tua, itu tergantung bagaiman ia menjalani hidup ketika muda. Orang-orang tua yang masih bugar di usia senja sebagian besar karena pilihan dan gaya hidup yang baik sejak dini, karena beberapa kebiasaan bisa membuat tampang orang terlihat cepat tua.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa diet bisa membuat penampilan seseorang nampak berubah, itu pun perlu melalui diet yang benar sehingga tubuh tidak akan kelihatan kusam dan kendur.

Dilansir dari All Women Stalk, dalam sebuah proses diet, ada beberapa hal yang terjadi, termasuk pada kulit. Diet yang dilengkapi dengan gaya hidup sehat dan olahraga, memang bisa memberikan pengaruh pada kecantikan kulit dan tubuh, di antaranya adalah berikut ini :

  1. Detoksifikasi
    Dalam masa diet, metabolisme menjadi lebih aktif. Apalagi bila Anda menambahkan agenda olahraga yang rutin, dengan demikian kulit akan mengeluarkan keringat dan tubuh akan menghempaskan racun keluar dari tubuh. Konsumsi banyak air putih bisa membantu proses ini, hasilnya kulit lebih bersih dan tidak kusam.
  1. Mengencangkan kulit dan awet muda
    Kehidupan yang lebih aktif membuat kulit Anda ikut mengeluarkan banyak keringat. Jangan takut dengan keringat karena selain mengeluarkan racun, juga bisa membuat minyak alami kulit keluar dan membuat kulit lebih bersinar dan awet muda.
  1. Mood yang happy
    Diet juga bisa membuat seseorang menjadi happy, utamanya bila diet tersebut menunjukkan progress. Wanita yang melakukan diet akan makin semangat dan percaya diri, biasanya hal ini akan membuat mereka makin cantik dari hari ke hari karena dalam mood yang senang dan ceria.
  1. Rambut dan kuku sehat
    Dalam keadaan diet, rambut dan kuku biasanya jadi lebih kuat dan berkilau. Dipengaruhi oleh gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi, diet membuat apa yang kita lakukan dan konsumsi jadi lebih teratur.
  1. Tubuh indah
    Yang pasti, lemak akan berkurang dari tubuh Anda. Tentunya hal ini akan membuat lekuk tubuh Anda lebih cantik dan Anda akan makin percaya diri, anda bisa menggunakan pakaian yang Anda inginkan dan terasa seperti terlahir kembali.

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Hati

Posted: 08 Oct 2014 06:49 PM PDT

DokterSehat.Com – Menjaga liver atau hati agar tetap sehat adalah hal yang mutlak kita lakukan. Sebab, liver adalah salah satu organ yang mempunyai peranan yang sangat penting di dalam tubuh kita. Selain itu, jika liver mengalami kerusakan, maka secara otomatis sistem tubuh kita juga akan mengalami penurunan bahkan hingga kerusakan.

Tanpa liver, kita tidak akan mampu bertahan hidup karena fungsi utama liver/hati adalah menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh kita melalui makanan. Saat kita jatuh sakit, maka sudah tentu kita akan mengkonsumsi obat-obatan yang bakal melewati liver terlebih dahulu sebelum melalui pembuluh darah.

Makanan yang mengandung bahan kimia dan zat-zat asing otomatis akan tersaring di liver. Ketika liver kita tak lagi mampu menampung zat-zat kimia tersebut, maka perlahan-lahan akan mengalami kerusakan dan dapat berakibat fatal bagi kesehatan. Jika tidak segera dicegah atau diatasi, maka hal itu akan meningkatkan resiko kanker hati.

Meski pengaruhnya tidak terasa secara langsung, namun kesehatan liver dapat berpengaruh terhadap tingkat energi dan libido karena liver bertanggung jawab untuk mengontrol kadar hormon di dalam tubuh.

Berikut ini cara sederhana menjaga kesehatan hati :

  1. Minum air lemon
    Minum air putih yang dicampur dengan perasan lemon bisa memaksa racun untuk keluar dari dalam tubuh. Lemon dapat membantu meningkatkan kemampuan detoksifikasi hati. Lemon mengandung asam sitrat yang dapat mendorong kemampuan empedu untuk mengeluarkan racun.
  1. Mengonsumsi sayuran
    Mengonsumsi sayuran secara rutin juga dinilai dapat membantu menjaga kesehatan hati. Sayuran seperti brokoli dan bawang mengandung belerang yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan kemampuan detoksifikasi hati.
  1. Mengonsumsi suplemen untuk hati
    Untuk menjaga kesehatan hati, penuhi kebutuhan mineral harian anda dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat yang kaya akan magnesium, kalium, kalsium, selenium, mangan, seng, zat besi, sodium, dan tembaga. Mineral-mineral tersebut sangat menting untuk detoksifikasi tubuh. Anda juga bisa memenuhi kebutuhan mineral tersebut dengan mengonsumsi suplemen yang diperuntukkan untuk kesehatan hati.
  1. Hindari alkohol
    Hati akan terus berfungsi dengan baik sampai anda mengonsumsi alkohol. Alkohol akan membuat hati bekerja lebih keras lagi dalam menyaring dan mengeluarkan racun. Maka dari itu, sebaiknya anda jauh-jauh dari minuman beralkohol.
  1. Pijatan
    Pijatan yang dilakukan secara lembut di daerah hati dan kantung empedu juga dinilai dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah menuju hati. Hal ini pada akhirnya dapat membuat hati berfungsi dan bekerja secara optimal.

Mengingat vitalnya peran hati, maka anda dituntut untuk menjaga kesehatan hati agar tetap berfungsi dengan baik. Semoga kelima cara tersebut bisa bermanfaat dan bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tips Ibu Hamil Mengangkat Benda

Posted: 08 Oct 2014 06:49 PM PDT

DokterSehat.Com – Pada saa hamil, seorang wanita memang diharuskan untuk tetap aktif bergerak agar kondisi dirinya dan si janin tetap sehat. Namun, bukan berarti aktif bergerak untuk membawa atau mengangkat benda yang memiliki beban berat.

Ada beberapa ibu hamil yang tetap melakukan aktivitas keseharianya sendiri, seperti berbelanja ke supermarket, merapikan rumah, dan kegiatan lainnya. Namun, bagi Anda ibu hamil harus berhati-hati melakukan hal tersebut. Jangan sampai hal tersebut membuat Anda sakit punggung atau keluhan lainnya karena terlalu sering membawa atau mengangkat beban.

Ada beberapa cara yang perlu ibu hamil perhatikan ketika membawa atau mengangkat beban. Cara tersebut tentunya agar kondisi kehamilan Anda tetap sehat.

Berikut cara tepat ibu hamil mengangkat beban :

  1. Kontrol beratnya
    Pastikan berat benda tidak berlebihan. Jangan  membawa beban seberat 5 kg secara terus-menerus dan jangan mengangkat lebih dari 10 kg meski hanya sebentar.
  1. Perhatikan jarak tempuh saat membawa benda
    Contohnya, mengangkat satu krat minuman dari teras rumah ke bagasi mobil, masih diperbolehkan. Namun Anda tidak boleh mengangkat sendiri beban yang sama bila apartemen Anda  di lantai 3. Karena mengangkat benda berat akan menekan dasar panggul, dan karena rahim dan janin  yang di dalam dasar panggul sudah dalam posisi menekan, maka beban pada dasar panggul tidak boleh ditambah lagi.  Jika memiliki rahim yang lemah, tekanan terus menerus ke bawah panggul akan berisiko terbukanya mulut rahim.
  1. Bagi bebannya
    Beban besar dan berat harus dibagi menjadi beberapa bagian atau potongan. Misalnya, berkilo-kilo kentang atau bertumpuk-tumpuk buku, "pecah" menjadi bagian-bagian yang ringan dan bawa satu persatu. Lebih baik berjalan bolak-balik untuk mengangkut benda daripada sekaligus, karena selain lebih aman, itu  juga menjadi  latihan jalan kaki yang baik bagi ibu hamil.  Untuk kasus benda-benda berat tidak bisa dibagi, misalnya segalon air mineral,  biarkan menunggu di luar sampai ada orang yang membantu mengangkutnya.
  1. Seimbangkan beban tubuh
    Menyeimbangkan beban yang dibawa di kiri dan kanan  tubuh, dapat mengurangi tekanan ke arah perut yang membesar, juga melindungi daerah pinggang.  Cara lain,  menggunakan tas ransel untuk memindahkan seluruh beban ke punggung.

Jika Anda memang terpaksa menggendong keponakan yang nangis,  ini teknik mengangkut yang benar :

  1. Lebarkan kaki sejajar bahu
  1. Punggung tegak
  1. Posisikan tubuh horizontal : bokong dan tulang punggung paralel dengan  lantai
  1. Yang lebih ideal lagi, ketika hendak digendong atau diangkut, anak atau barang berada di tempat yang lebih tinggi dari lantai, misalnya di atas kursi, di atas meja atau di anak tangga
  1. Perlahan-lahan, angkat  benda dengan kekuatan bertumpu pada lutut. Beban sedekat mungkin ditahan pada tubuh
  1. Pada saat mengangkat bernafaslah dengan mulut, sehingga perut rata dan dasar panggul berkontraksi

Saat Anda hamil, bersikaplah rendah hati  untuk menggunakan alat-alat bantu manakala harus memindahkan barang-barang :

  1. Gunakan kereta belanja daripada keranjang jinjing
  1. Bawa stroller saat jalan-jalan dengan anak agar sewaktu-waktu dia lelah tak perlu menggendongnya. Bahkan Anda bisa menitip beberapa benda di stroller
  1. Dorong dengan kaki benda-benda yang bisa menggelinding, misalnya air mineral galon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar