Kamis, 16 Oktober 2014

Dokter Sehat - Informasi Kesehatan Indonesia

Dokter Sehat - Informasi Kesehatan Indonesia


3 Resep Jus Sehat untuk Mencegah Munculnya Jerawat

Posted: 16 Oct 2014 06:46 AM PDT

DokterSehat.Com – Muncul jerawat di wajah? Tentu anda tak mau itu terjadi. Ya, umumnya setiap orang tidak mau berjerawat karena jerawat bisa membuat kita tidak sepercaya diri dulu. Jerawat merupakan akibat dari penyumbatan pori-pori dan munculnya kantung nanah pada kulit. Memang sudah ada banyak cara menghilangkan jerawat, dari yang alami sampai dengan cara-cara modern. Tetapi alangkah lebih baik jika mencegah jerawat muncul, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk itulah kami akan berbagi tips bagi anda mencegah timbulnya jerawat dengan minum jus lezat. Jus yang kami maksud di sini adalah jus dari -bahan -bahan alami dan rasanya lezat.

Jus adalah minuman yang berbahan dasar buah/makanan lain dan dihaluskan terlebih dahulu dengan blender. Dan ternyata jus yang rasanya lezat dan nikmat bisa jadi cara ampuh untuk mencegah munculnya jerawat. Ya, beberapa makanan memang bisa mencegah timbulnya jerawat karena mengandung nutrisi yang baik dan vitamin yang tinggi. Karena pada dasarnya jerawat bisa muncul karena kulit yang kotor. Alangkah menyenangkan jika mencegah timbulnya jerawat dengan minum jus lezat ya? Untuk itu kita harus rajin membersihkan wajah dan minum jus-jus lezat agar jerawat tidak muncul. Mau tahu apa saja jus-jus tersebut? Simak yang berikut ini baik-baik.

Berikut ini ada tiga resep jus sehat yang bisa Anda buat sendiri dan bahan-bahannya pun bisa didapat dengan mudah :

Jus hijau

Untuk membuat jus ini, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini :

  • segenggam daun peterseli atau daun gandum
  • 4 batang seledri
  • 2 lembar daun kale
  • 1 buah paprika hijau
  • segenggam bayam
  • 1 buah mentimun, potong dadu

Masukkan semua bahan dalam blender atau juicer. Dan segera minum jus sehat ini selagi masih segar.

Jus ungu

Kenapa dinamakan jus ungu? Karena bahan dasarnya adalah kol ungu. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat jus ini, antara lain :

  • 1/3 butir kubis ungu, potong dadu
  • 2 lembar daun kale
  • 1 buah paprika hijau
  • 2 buah apel merah, potong dadu

Campurkan semua bahan dan di-blender sampai halus. Jus ungu segar siap dinikmati.

Jus merah

Kali ini bahan dasar jus adalah buah bit. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan, antara lain :

  • 1 buah bit
  • 1/2 butir ubi manis
  • 3 buah wortel

Potong semua bahan, lalu masukkan dalam blender dan campur hingga halus.

Meminum jus sehat yang mengandung sayuran dan buah mentah dan segar ini bisa sangat efektif mencegah munculnya jerawat di wajah. Jus sehat yang kaya akan vitamin, mineral, dan anti oksidan ini pun bisa membersihkan tubuh dari dalam dan membantu proses detoksifikasi.

Selain rutin minum jus sehat ini, Anda juga sebaiknya mengurangi konsumsi makanan berminyak, berlemak, dan yang mengandung terlalu banyak gula. Melakukan pencegahan dari dalam biasanya akan lebih efektif untuk mendapatkan wajah bersih, sehat, dan bebas jerawat.

 

Tips Mengurangi kebiasaan Balita Menggigit Jari

Posted: 16 Oct 2014 06:46 AM PDT

DokterSehat.Com – Bagi orang tua yang anaknya tidak mengalami kondisi ini mungkin akan heran, kok bisa ya anak balita suka menggigit kuku? Kebiasaan menggigit kuku bisa bisa dialami oleh orang dewasa, remaja, atau balita. Para ahli menduga kebiasaan ini dipicu oleh beragam faktor yang berkaitan dengan pikologis seperti kebosanan, stress, kegelisahan, rasa tidak nyaman, rasa penasaran, atau hanya sekedar kebiasaan. Kebiasaan mengigit kuku mirip dengan kebiasaan mengigit-gigit rambut, menggaruk hidung, menggemeretakkan gigi, atau menghisap jempol.

Saat ayah bunda mendapati si kecil mulai menggigit kuku, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menemukan pemicunya. Beragam kondisi yang melibatkan perubahan lingkungan si kecil termasuk saat mereka mulai mengikuti playgroup, adanya hewan peliharaan baru dirumah, atau lahirnya adik baru mungkin menjadi pemicu kebiasaan si kecil tersebut.

Perlukah si kecil dibawa ke psikolog anak?

Kebanyakan orang tua secara spontan akan berusaha megghentikan kebiasaan tersebut dengan beragam cara termasuk memarahinya. Masalahnya sering kali si kecil pun tidak memahami kenapa dia melakukan hal itu. Dorongan untuk mengigit kuku bisa muncul begitu saja tanpa disadari mereka, sehingga memarahi atau bahkan menghukum si kecil malah dapat memperburuk keadaan.

Saat aktivitas tersebut dilakukan si kecil hanya diwaktu tertentu saja dan tidak mengganggu aktifitas lainya, para ahli cenderung merekomendasikan ayah bunda untuk membiarkan karena umumnya kebiasan tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Mencari penyebab dan mencoba menghilangkan kebiasaan si kecil yang suka mengigit kuku mungkin tidak mudah, salah satu penyebabnya karena si kecil belum bisa mengekspresikan perasaanya melalui komunikasi verbal sehingga tidak jarang sebagai orang tua kita kesulitan untuk mengungkap perasaan si kecil.

Berikut cara mengatasi kebiasaan mengigit kuku si kecil :

  1. Hindari melarang anak melakukannya. Berikan anjuran dan arahan tanpa menggunakan kata tidak atau jangan. Larangan bisa membuat anak melakukannya tanpa sepengetahuan kita.
  1. Anda bisa menunggu dengan sabar karena hal ini akan berlalu seiring dengan berlalunya waktu dan pertumbuhan. Jadi tidak usah terlalu bingung atau khawatir.
  1. Ajari anak menjaga kebersihan tangan. Misalnya saat memotong kuku, mencuci tangan dan sejenisnya. Anda bisa memberikan penjelasan bahwa memasukkan tangan ke mulut bisa mengandung kuman dan membuatnya sakit. Gunakan bahasa yang membuat anak sadar akan kesehatannya, bukan anjuran yang menakut-nakuti.
  1. Beberapa anak bahkan suka menggigit temannya. Bila anak-anak ada di tahap ini, konsultasikan dengan sesama ibu atau psikolog anak. Arahkan anak agar tidak membuat temannya sakit atau melalui modifikasi perilaku yang bisa membuat anak menyalurkan kebiasaannya dengan cara yang lain.

Semoga tips di atas bisa membantu Anda mengatasi kebiasaan anak mengisap jempol atau menggigit kuku, jangan lupa untuk selalu memperhatikan tumbuh kembang anak agar kita bisa memahami kebiasaan-kebiasaan si kecil.

Tips Mengajari Anak Tentang Pubertas

Posted: 16 Oct 2014 06:46 AM PDT

DokterSehat.Com – Anak-anak jaman sekarang memang lebih cepat berkembang secara fisik dan mental dibanding anak-anak satu dekade yang lalu, hal ini tentu dipersembahkan oleh kemajuan teknologi dan jaman yang begitu pesat.

Masa puber dapat menciptakan kesulitan untuk anak Anda serta seluruh keluarga Anda. Ketika anak Anda menjalani periode perubahan tersebut dalam hidup mereka, mereka dapat menjadi emosi, dan mengalami perubahan jasmani, serta terpengaruh oleh hormon.

Anak akan lebih cepat dan kritis dalam menyikapi apa yang mereka temui, terutama saat mereka mulai menghadapi masa puber. Nah, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk menyiapkan mereka menghadapi masa puber :

  1. Lebih merawat diri
    Yang perlu dipelajari dari hal ini hanya beberapa hal basic seperti lebih menjaga kebersihan, konsumsi makanan yang baik dan silakan bertanya bila ada perubahan tubuh mereka yang janggal. Hal ini akan membuat kita lebih mudah mengawasi mereka dan memberi anak-anak remaja landasan yang baik tentang tubuh mereka. Mengingat saat puber memang kesehatan dan perawatan fisik sangat dibutuhkan.
  1. Buku tentang pubertas
    Jangan lupa membeli buku ini. Setidaknya ketika Anda tak bisa menjawab, buku ini punya jawabannya. Bacalah bersama dengan anak Anda agar mereka mendapatkan arahan dari orang tua yang sudah pernah mengalaminya. Hal ini juga berhubungan dengan mood, perasaan, cinta monyet dan sejenisnya. Karena puber memang mencakup perubahan mental dan fisik yang cukup dinamis apalagi untuk remaja jaman sekarang.
  1. Mom and dad guide
    Ibu untuk anak perempuan dan ayah untuk anka laki-laki. Ini adalah saat yang baik untuk menjadi sahabat mereka. Bantu mereka menghadapi masa puber, misalnya saat anak perempuan Anda pertama kali menstruasi, ajarkan bagaimana memilih pembalut, menjaga kebersihan pakaian dalam, makanan sehat dan sebagainya.

6 Alasan Mengapa Pria Disunat

Posted: 15 Oct 2014 09:34 PM PDT

DokterSehat.Com – Sunat atau khitan adalah suatu tradisi yang berkembang dalam ajaran Islam sejak zaman nabi Ibrahim (Abraham) bahkan juga ada dalam catatan Bibel, dimana kulup atau selubung yang ada di kepala penis dipotong sehingga kepala penis dapat terlihat secara jelas dari luar.

Berikut ini adalah beberapa alasan para pakar kesehatan menyarankan pria untuk disunat :

  1. Tradisi agama
    Sunat bagi laki-laki sebelum menginjak pubertas adalah tradisi dalam agama Islam, Yahudi dan sebagian kelompok agama Kristen.
  1. Fimosis
    Fimosis terjadi ketika kulup menyempit sehingga hampir tidak dapat ditarik melalui kepala (glans) penis. Fimosis bisa bawaan atau disebabkan oleh infeksi berulang pada kulit. Pada anak-anak di bawah lima tahun adalah normal bila kulup tidak (sepenuhnya) dapat ditarik. Biasanya kulup secara alami menjadi lebih longgar dan lemas seiring pertambahan usia. Bila setelah umur 5 tahun kulup masih lengket maka dapat menyebabkan masalah karena glans di bawahnya tidak dapat dibersihkan sehingga menimbulkan akumulasi smegma (kotoran). Hal ini dapat menimbulkan inflamasi, infeksi dan kesulitan buang air (kencing). Pada pria yang lebih dewasa, fimosis bisa menimbulkan sakit saat ereksi dan hubungan seksual.
  1. Parafimosis
    Jika kulup dapat ditarik namun tidak dapat dikembalikan ke posisi semula maka disebut parafimosis. Parafimosis disebabkan oleh peradangan dan penyempitan kulup. Dokter mungkin dapat mengembalikan kulup untuk kembali menutupi glans penis. Bila masalahnya menetap, maka harus disunat.
  1. Peradangan kepala penis (Balanitis)
    Penyakit ini dapat disebabkan oleh kebersihan yang buruk atau karena kesulitan membersihkan smegma akibat fimosis. Penggunaan sabun yang salah juga dapat menyebabkan iritasi dan memperparah peradangan.
  1. Alasan kesehatan
    Di negara maju mayoritas non-muslim seperti Amerika Serikat, sunat dianjurkan karena alasan kebersihan dan untuk mencegah infeksi saluran kemih dan kanker serviks. Penis yang disunat menghasilkan smegma lebih sedikit atau tidak ada sama sekali sehingga lebih mudah dijaga kebersihannya.
  1. Alasan Seksual
    Alasan utama sunat dari sisi seksual adalah ejakulasi prematur dan kulup terlalu panjang. Kulup yang terlalu panjang mempengaruhi pengalaman seksual karena glans penis tidak terstimulasi secara langsung selama hubungan intim. Sunat membentuk lapisan pelindung di atas glans sehingga agak mengurangi sensitivitasnya. Bagi orang yang memiliki masalah ejakulasi dini (ejakulasi terlalu cepat), sunat bisa menjadi solusi.

Cara Menghilangkan Pusing Dan Capek Setelah Bepergian

Posted: 15 Oct 2014 06:47 PM PDT

DokterSehat.Com – Saat Anda bepergian, faktor kesehatan menjadi salah satu kendalanya. Terlebih jika Anda mudah mabuk dalam perjalanan. Kepala jadi sering sakit atau pusing, dan perut mudah mual, Bila sudah begini, maka perjalanan jadi kurang menyenangkan.

Terdapat beberapa cara untuk menyelamatkan keadaan Anda saat lelah dan pusing seperti itu. Sehatpedia.net akan memberikan tipsnya agar perjalanan bepergian Anda jadi lebih menyenangkan.

Tips ini bisa Anda gunakan bila sakit di tengah perjalanan atau merasa lelah berat saat pulang ke rumah :

  1. Sakit, mual dan tidak enak badan ditengah perjalanan
    Ini sering terjadi di tengah perjalanan dan kurang menguntungkan. Bila sebelumnya Anda tak sempat minum obat anti mabuk, hisaplah permen jahe atau permen mint. Jangan gunakan AC, sementara gunakan udara luar untuk mengurangi dingin. Bila Anda sampai muntah, minumlah air putih. Kemudian biarkan perut tenang beberapa saat. Gosokkan minyak atau salep yang aromanya mint segar. Pada perhentian berikutnya, carilah minuman hangat seperti teh atau air jeruk. Jangan memilih susu atau kopi. Bila perlu, belilah obat anti mabuk atau permen pedas sebagai antisipasi.
  1. Menghilangkan lelah setelah perjalanan seharian
    Biasanya kepala pusing atau sangat lelah. Ini bisa terjadi karena perubahan suhu dari AC ke udara terbuka atau terlalu lama terkena AC. Kehujanan yang tidak segera mandi juga bisa menyebabkan tubuh kurang enak atau migrain. Setelah sampai rumah, siapkan 20 ml air hangat cenderung panas yang diberi madu dan lemon atau teh cengkeh dengan madu. Ini adalah pertolongan pertama untuk menyembuhkan pening dan lelah. Selanjutnya, segeralah buang air kecil untuk membuang racun-racun, jangan ditahan karena bisa menyebabkan makin pusing. Makan sesuatu yang bening, hangat dan berkuah seperti sup dalam porsi kecil. Lakukan sesuatu selama 1 jam sembari menjeda waktu setelah makan, setelahnya Anda bisa beristirahat.

Istirahat yang cukup akan sangat membantu recovery pasca perjalanan jauh. Selamat mencoba cara ini agar tubuh Anda segar dan rileks kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar