Rabu, 08 Oktober 2014

Dokter Sehat - Informasi Kesehatan Indonesia

Dokter Sehat - Informasi Kesehatan Indonesia


Perbedaan Akupuntur Tanam Benang dan Akupuntur Biasa di Wajah

Posted: 08 Oct 2014 06:44 AM PDT

DokterSehat.Com – Perkembangan teknologi dalam kecantikan yang cukup pesat belakangan ini, melahirkan banyak alternatif metode perawatan mulai dari filler, Botox dan yang terbaru adalah tanam benang. Masing-masing perawatan ini memiliki keunggulan yang dapat membuat penampilan menjadi lebih sempurna.

Tanam benang atau yang sering juga disebut dengan thread lifting adalah sebuah metode kecantikan dengan menggunakan benang yang dimasukkan ke dalam kulit. Perawatan ini berfungsi untuk mengencangkan, mencerahkan dan meremajakan kulit.

Berikut beberapa jenis dan macam perbedaan akupuntur tanam benang dan akupuntur biasa di wajah yaitu :

  1. Stimulasi
    Pemberian teknik stimulasi dengan teknik akupuntur biasa, idealnya harus dilakukan secara rutin untuk menjaga, mempertahankan dan memaksimalkan kinerja hormon dan enzym dalam metabolisme tubuh, misalnya setiap 2 minggu atau setiap bulan. Penggunaan teknik akupuntur penanaman benang ini tidak memerlukan rangsangan stimulasi secara periodik, karena benang yang tertanam dalam tubuh akan memberikan rangsangan stimulasi secara otomatis.
  1. Bentol atau lenting
    Penggunaan teknik penanaman benang pada wajah bisa saja menimbulkan bekas bentol atau lenting hingga periode 4 minggu pasca penanaman benang, sehingga bisa saja mengganggu estetika kecantikan dan penampilan. Berbeda halnya dengan penggunaan teknik akupuntur biasa yang tidak mengakibatkan timbulnya bentol, sehingga estetika penampilan tetap terjaga.
  1. Kontra indikasi
    Namun demikian, tidak semua orang dapat melakukan terapi akupuntur tanam benang ini, karena terdapat beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar. Beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar antara lain mereka yang memiliki kondisi fisik lemah atau mudah terserang penyakit, penderita jantung dan diabetes, hipertensi, mudah terserang keloid atau bahkan wanita yang sedang hamil, menyusui atau sedang datang bulan. Beberapa jenis pantangan atau kontra indikasi ini rentan menimbulkan gejala serangan gangguan kesehatan.

Demikianlah beberapa jenis dan macam perbedaan akupuntur tanam benang dan akupuntur biasa di wajah yang sebaiknya perlu diketahui ketika hendak memilih jenis terapi pemeliharaan dan perawatan kecantikan dengan metode akupuntur, berkonsultasi terlebih dahulu dengan praktisi akupuntur yang berpengalaman sebaiknya dilakukan agar metode akupuntur yang akan dilakukan tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan.

Cara Mengobati Asites

Posted: 08 Oct 2014 06:44 AM PDT

DokterSehat.Com – Asites adalah akumulasi cairan (biasanya cairan serosa yang merupakan cairan berwarna kuning pucat dan jelas) dalam rongga (peritoneal) perut. Rongga perut terletak di bawah rongga dada, dipisahkan oleh diafragma. cairan asites dapat memiliki banyak sumber seperti penyakit hati, kanker, gagal jantung kongestif, atau gagal ginjal.

Penyebab paling umum dari ascites adalah penyakit hati yang lanjut atau sirosis. Sekitar 80% kasus ascites terjadi karena sirosis. Meskipun mekanisme yang tepat pembangunan ascites tidak sepenuhnya dipahami, teori yang paling menunjukkan adalah akibat hipertensi portal (tekanan meningkat dalam aliran darah hati) sebagai kontributor utama. Prinsip dasarnya adalah mirip dengan pembentukan edema tempat lain dalam tubuh akibat ketidakseimbangan tekanan di dalam sirkulasi (sistem tekanan tinggi) dan di luar, dalam hal ini, rongga perut (spasi tekanan rendah). Peningkatan tekanan darah portal dan penurunan albumin (protein yang dibawa dalam darah) dapat bertanggung jawab dalam membentuk gradien tekanan dan mengakibatkan perut ascites.

Faktor lain yang dapat menyebabkan ascites adalah retensi garam dan air. Volume sirkulasi darah dapat dianggap rendah oleh sensor di ginjal sebagai pembentukan asites. Ini menandakan ginjal untuk menyerap kembali lebih banyak garam dan air untuk mengkompensasi hilangnya volume.

Beberapa penyebab lain dari ascites berhubungan dengan gradien tekanan yang meningkat adalah gagal jantung kongestif dan gagal ginjal lanjut akibat retensi umum cairan dalam tubuh.

Dalam kasus yang jarang terjadi, peningkatan tekanan dalam sistem portal bisa disebabkan oleh obstruksi internal atau eksternal kapal portal, mengakibatkan hipertensi portal tanpa sirosis. Contoh ini bisa adanya massa (atau tumor) menekan pada pembuluh portal dari dalam rongga perut atau pembentukan bekuan darah di pembuluh portal menghalangi aliran normal dan meningkatkan tekanan dalam wadah (misalnya, sindrom Budd-Chiari) .

Ada juga ascites formasi sebagai akibat dari kanker, yang disebut ascites ganas. Jenis asites biasanya manifestasi kanker dari organ-organ dalam rongga perut, seperti, kanker usus besar, kanker pankreas, kanker perut, kanker payudara, limfoma, kanker paru-paru, atau kanker ovarium.

asites pankreas dapat dilihat pada orang dengan pankreatitis kronis (lama berdiri) atau peradangan pada pankreas. Penyebab paling umum dari pankreatitis kronis adalah penyalahgunaan alkohol berkepanjangan. Pankreas asites juga bisa disebabkan oleh pankreatitis akut serta trauma pancreas.

Gejala

Jika jumlah cairan yang terkumpul tidak terlalu banyak, biasanya tidak menunjukkan gejala. Jumlah cairan yang sangat banyak bisa menyebabkan pembengkakan perut dan rasa tidak nyaman, juga sesak nafas. Jumlah cairan yang sangat banyak, menyebabkan perut tegang dan pusar menjadi datar, bahkan terdorong keluar. Pada beberapa penderita, pergelangan kaki juga membengkak (edema).

Diagnosa

Pada pemeriksaan perkusi perut, akan terdengar suara tumpul (teredam). USG digunakan untuk mengetahui adanya asites dan menemukan penyebabnya. Parasintesis diagnostik dilakukan untuk memperoleh contoh cairan yang selanjutnya akan diperiksa di laboratorium.

Pengobatan

Pengobatan dasar dari asites adalah tirah baring dan diet rendah garam, yang biasanya dikombinasikan dengan obat diuretik supaya cairan yang dibuang melalui ginjal lebih banyak jumlahnya. Jika terjadi sesak nafas atau susah makan, dilakukan parasintesis terapeutik, dimana dimasukkan jarum untuk membuang cairan yang terkumpul. Tetapi cairan cenderung akan terkumpul kembali, jika tidak diberikan obat diuretik.

Sejumlah besar albumin sering ikut terbuang ke dalam cairan perut, sehingga mungkin diperlukan pemberian albumin intravena (melalui pembuluh darah). Kadang terjadi infeksi dalam cairan asites, terutama pada sirosis alkoholik. Infeksi ini disebut peritonitis bakterialis spontan, diobati dengan antibiotik.

Waspadai Gejala Penyakit Veno-oklusif

Posted: 08 Oct 2014 06:38 AM PDT

DokterSehat.Com – Penyakit Veno-oklusif adalah penyumbatanpada vena-vena kecil di dalam hati, penyakit ini dapat terjadi di segala usia, tetapi lebih mungkin terjadi pada anak-anak usia 1-3 tahun, karena mereka memiliki pembuluh darah yang lebih kecil.

Penyebab

Penyumbatan bisa disebabkan oleh obat-obatan dan bahan lainnya yang bersifat racun terhadap hati, seperti daun Senecio (yang digunakan sebagai bahan pembuat teh herbal di Jamaika), dimetilnitrosamin, aflatoksin dan obat anti kanker (misalnya azatioprin).

Terapi radiasi (penyinaran) juga dapat menyebabkan sumbatan pada vena-vena kecil, Demikian pula halnya dengan antibodi yang dihasilkan selama penolakan terhadap pencangkokan hati. Penyumbatan menyebabkan aliran balik darah dari hati dan mengurangi pasokan darah ke hati. Berkurangnya pasokan darai ini, pada akhirnya akan merusak sel-sel hati.

Gejala

Penyumbatan vena-vena kecil menyebabkan hati dibanjiri oleh darah dan membengkak, sehingga akan timbul nyeri tumpul bila diraba atau ditekan. Cairan dari permukaan hati yang membengkak bisa merembes dan terkumpul dalam perut, menyebabkan asites. Penyumbatan ini juga menyebabkan peningkatan tekanan darah dalam vena portal (hipertensi portal).

Tekanan yang tinggi ini dapat menyebabkan terbentuknya vena varikosa di kerongkongan (varises esofageal), yang bisa pecah dan mengalami perdarahan.

Pengobatan

Satu-satunya pengobatan adalah menghentikan pemakaian bahan atau obat yang menyebabkan terjadinya penyumbatan.

Prognosis

Yang khas adalah bahwa suatu penyumbatan akan menghilang dengan segera dan penderita akan sembuh dengan atau tanpa pengobatan. Tetapi beberapa penderita meniggal karena kegagalan hati. Pada penderita lainnya, tekanan darah dalam vena portal tetap tinggi dan menyebabkan sirosis. Perjalanan penyakitnya tergantung kepada luasnya kerusakan dan dapat atau tidak kerusakan tersebut mengalami kekambuhan.

Yang lebih sering ditemukan adalah penyakit yang menahun, terutama jika penyebabnya adalah pemakaian teh herbal yang mengandung racun alkaloid.

Bahaya Menggunakan Makeup Setiap Hari

Posted: 08 Oct 2014 06:37 AM PDT

DokterSehat.Com – Makeup sudah merupakan alat perang yang wajib dimiliki oleh setiap wanita, tidak hanya untuk menutup apa yang kurang dan menonjolkan apa yang menjadi kelebihan Anda, makeup memang dapat memberikan kesan tersendiri yang membuat nilai jual seorang wanita itu meningkat. Jadi jangan heran, kalau di antara Anda yang greget sekali setiap melihat produk makeup terbaru dengan memberikan fungsi yang berbeda. Kalau saja bukan karena ‘nominal budget’, sudah tentu Anda ingin miliki semuanya.

Bahkan tidak sedikit wanita yang menjadikan perlengkapan makeup ini sebagai barang wajib yang harus dibawa ke mana-mana, sehingga tersimpan rapi sudah mereka semua dalam makeup bag. Sayangnya, saat mata kita melihatnya dalam kondisi bersih dan aman untuk digunakan, mereka justru menjadi ancaman bahaya buat kesehatan. Seperti bakteri yang berkembang karena alat-alatnya kotor. Belum lagi kalau ternyata ada kandungan kimia berbahaya, banyak yang harus diwaspadai dari produk yang dekat dengan kita ini.

Berikut ini adalah bahaya penggunaan makeup :

  1. Resiko kanker kulit
    Kandungan kimia yang terdapat dalam produk kosmetik Anda mungkin dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker jika digunakan dalam jangka waktu yang lama, hal itu dikarenakan kandungan kimia tersebut bisa saja merupakan racun yang dapat menyebar di tubuh Anda.
  1. Masalah pernafasan
    Penggunaan kosmetik mungkin dapat menyebabkan alergi, hal itu mungkin menyerang organ pernafasan Anda.
  1. Mengganggu sistem reproduksi
    Penggunaan produk kosmetik secara berlebihan dapat merusak sel-sel reproduksi dalam tubuh Anda.
  1. Depresi
    Menurut penelitian, orang yang sering menggunakan makeup lebih rentan terkena stres. Kandungan kimia dalam kosmetik ternyata dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh Anda.
  1. Infeksi mata
    Pemakaian kosmetik pada sekitar mata seperti eyeshadow, eyeliner, dan lain-lain dapat menyebabkan infeksi pada mata.
  1. Sakit kepala
    Memakai makeup setiap hari dapat menyebabkan Anda sering mengalami sakit kepala. Mengurangi penggunaan makeup dapat mengurangi sekait kepala yang Anda alami.
  1. Kerusakan kulit
    Tidak jarang wanita yang mengalami kerusakan kulit akibat penggunaan makeup yang berlebihan. Kerusakannya biasanya seperti kulit menghitam, memerah, atau gejala lain. Jika Anda melanjutkan penggunaan makeup, tentu ini akan berbahaya bagi kesehatan kulit Anda.

Makanan Untuk Kesehatan Hati

Posted: 08 Oct 2014 06:36 AM PDT

DokterSehat.Com – Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal terpenting yang harus kita lakukan agar segala kegiatan sehari-hari dapat kita lakukan dengan optimal pula, tubuh kita terdiri dari berbagai organ yang salah satunya hati. Hati merupakan salah satu organ tubuh yang kita miliki yang memiliki berbagai fungsi yang tidak dapat tergantikan dengan organ lainnya.

Hati memiliki beberapa fungsi yang sangat penting seperti melwan infeksi yang menyerang tubuh anda, memproses makanan yang telah di serap dari usus kita, memproduksi getah empedu yang berfungsi dalam sistem pencernaan makanan, sebagai penyimpan zat besi, vitamin serta bahan-bahan kimia lain yang penting, mengontrol kadar lemak, glukosa serta asam amino di dalam darah, membuang zat-zat racun di dalam tubuh anda. Dari berbagai fungsi hati yang telah disebutkan diatas, kita akhirnya mengetahui betapa penting fungsi hati dalam tubuh anda.

Berikut ini makanan sehat untuk hati :

  1. Sayuran aberdaun
    Sayuran tinggi dalam klorofil yang mengeluarkan racun dari aliran darah saat menetralkan pestisida, logam berat dan bahan kimia dalam tubuh untuk membantu melindungi hati. Bahan makanan seperti sawi, dandelion hijau, labu pahit, arugula atau sawi putih dapat dikonsumsi dengan dijus, mentah atau dimasak untuk mendapatkan manfaat ini. Sayuran mengandung glukosinolat yang dapat meningkatkan produksi enzim hati untuk memberihkan karsinogen. Kubis dapat membantu untuk merangsang enzim-enzim detoksifikasi dalam hati untuk meningkatkan fungsi secara keseluruhan.
  1. Jeruk bali
    Antioksidan dan vitamin C yang terdapat pada jeruk sangat membantu dalam memungkinkan proses pembersihan alami hati, mengkonsumsi secara segar atau diperas menjadi jus jeruk juga dapat membantu untuk merangsang enzim hati yang berguna dalam menghilangkan racun seperti karsinogen dari tubuh.
  1. Lemon dan jeruk nipis
    Buah tinggi vitamin C yang membantu tubuh untuk mensintesis bahan beracun yang masuk ke dalam tubuh melalui air minum. Mengkonsumsi jeruk nipis atau lemon jus hal pertama di pagi hari juga dikatakan dapat meningkatkan fungsi hati.
  1. Alpukat
    Buah ini tinggi glutation yang membantu untuk membersihkan racun dari hati untuk mencegah kerusakan.
  1. Teh hijau
    Teh hijau dipuji karena mengandung antioksidan catechin yang yang meningkatkan fungsi hati sambil meningkatkan fungsi diet.
  1. Minyak zaitun
    Minyak dapat dikonsumsi dalam jumlah sedang agar dapat memberikan dasar lipid untuk menyerap bahan kimia berbahaya sehingga hati tidak menderita kelebihan beban. Rami, zaitun dan minyak biji rami dapat digunakan untuk tujuan ini.

Tips sehat untuk jantung yang sehat

  1. Jaga berat badan
    Sebanyak 30 persen orang dengan obesitas juga menderita penyakit hati berlemak yang dapat menyebabkan jaringan parut hati, kanker hati atau gagal hati. Membawa berat badan ekstra di bagian tengah tubuh dapat meningkatkan resistensi insulin yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan kondisi ini. Untuk menghindari hal ini, laki-laki harus menjaga lingkar bagian tengah tubuh yang tidak lebih dari 102cm dan perempuan 88 cm. Makan makanan yang memiliki banyak antioksidan, serat dan vitamin serta berolahraga secara teratur dapat membantu untuk meningkatkan tingkat berat badan Anda sambil mendorong kesehatan hati.
  1. Hindari makanan iseng
    Diet sering menyebabkan siklus konstan penurunan berat badan dan bisa menjadi stres pada hati Anda. Setiap produk yang mengklaim akan menghilangkan sejumlah besar berat badan dalam jumlah yang sangat singkat sering kekurangan nutrisi penting, menyebabkan Anda mengalami sakit jika Anda bergantung pada mereka. Anda tidak harus mencoba untuk kehilangan lebih dari 1 kg per minggu. Anda juga harus menghindari makanan yang mengklaim untuk detoksifikasi atau membersihkan hati Anda. Tidak ada diet yang terbukti memiliki efek ini. Sebaliknya, mencari makanan bergizi yang akan menguntungkan kesehatan Anda secara keseluruhan.
  1. Mengurangi asupan lemak
    Tingkat kolesterol dan lemak darah tinggi telah dikaitkan dengan penyakit hati. Menurunkan asupan lemak Anda secara keseluruhan dan berfokus pada mengkonsumsi lemak tak jenuh dapat membantu Anda untuk menghindari konsekuensi ini. Anda juga mungkin perlu menggunakan mediasi jika upaya ini tidak berhasil.
  1. Kurangi minum alkohol
    Mengkonsumsi hanya 20ml alkohol setiap hari, atau 2 minuman beralkohol, dapat menyebabkan kerusakan hati. Wanita sangat rentan terhadap masalah ini. Jika perlu, berbicara dengan dokter Anda tentang program-program yang dapat membantu Anda mengurangi penggunaan alkohol Anda.
  1. Berhenti merokok
    Merokok telah terbukti berkontribusi pada risiko kanker hati. Asap rokok meningkatkan toksisitas beberapa obat yang selanjutnya dapat berdampak pada kesehatan hati.
  1. Tes darah secara teratur
    Tes darah dapat membantu Anda memeriksa kadar glukosa, lemak dan kolesterol Anda untuk memastikan mereka tidak pada titik di mana mereka bisa merusak hati atau organ lain. Jika Anda memiliki kondisi seperti diabetes itu sangat penting untuk memantau kadar glukosa Anda secara teratur dan mengambil langkah-langkah dengan diet, manajemen berat badan atau obat untuk menjaga tingkat normal.

Cara Pengobatan Cedera Akibat Listrik

Posted: 08 Oct 2014 06:35 AM PDT

DokterSehat.Com – Cedera Akibat Listrik adalah kerusakan yang terjadi jika arus listrik mengalir ke dalam tubuh manusia dan membakar jaringan ataupun menyebabkan terganggunya fungsi suatu organ dalam.

Tubuh manusia adalah penghantar listrik yang baik. Kontak langsung dengan arus listrik bisa berakibat fatal. Arus listrik yang mengalir ke dalam tubuh manusia akan menghasilkan panas yang dapat membakar dan menghancurkan jaringan tubuh. Meskipun luka bakar listrik tampak ringan, tetapi mungkin saja telah terjadi kerusakan organ dalam yang serius, terutama pada jantung, otot atau otak.

Arus listrik bisa menyebabkan terjadinya cedera melalui 3 cara :

  1. Henti jantung (cardiac arrest) akibat efek listrik terhadap jantung
  1. Perusakan otot, saraf dan jaringan oleh arus listrik yang melewati tubuh
  1. Luka bakar termal akibat kontak dengan sumber listrik.

Penyebab

Cedera listrik bisa terjadi akibat tersambar petir atau menyentuh kabel maupun sesuatu yang menghantarkan listrik dari kabel yang terpasang.

Cedera bisa berupa luka bakar ringan sampai kematian, tergantung kepada :

  1. Secara umum, arus searah (DC) tidak terlalu berbahaya jika dibandingkan dengan arus bolak-balik (AC). Efek AC pada tubuh manusia sangat tergantung kepada kecepatan berubahnya arus (frekuensi), yang diukur dalam satuan siklus/detik (hertz). Arus frekuensi rendah (50-60 hertz) lebih berbahaya dari arus frekuensi tinggi dan 3-5 kali lebih berbahaya dari DC pada tegangan (voltase) dan kekuatan (ampere) yang sama. DC cenderung menyebabkan kontraksi otot yang kuat, yang seringkali mendorong jauh/melempar korbannya dari sumber aurs. AC sebesar 60 hertz menyebabkan otot terpaku pada posisinya, sehingga korban tidak dapat melepaskan genggamannya pada sumber listrik. Akibatnya korban terkena sengatan listrik lebih lama sehingga terjadi luka bakar yang berat. Biasanya semakin tinggi tegangan dan kekuatannya, maka semakin besar kerusakan yang ditimbulkan oleh kedua jenis arus listrik tersebut. Kekuatan arus listrik diukur dalam ampere. 1 miliampere (mA) sama dengan 1/1,000 ampere. Pada arus serendah 60-100 mA dengan tegangan rendah (110-220 volt), AC 60 hertz yang mengalir melalui dada dalam waktu sepersekian detik bisa menyebabkan irama jantung yang tidak beraturan, yang bisa berakibat fatal. Efek yang sama ditimbulkan oleh DC sebesar 300-500 mA. Jika arus langsung mengalir ke jantung, misalnya melalui sebuah pacemaker, maka bisa terjadi gangguan irama jantung meskipun arus listriknya jauh lebih rendah (kurang dari 1 mA).
  1. Ketahanan tubuh terhadap arus listrik
    Resistensi adalah kemampuan tubuh untuk menghentikan atau memperlambat aliran arus listrik. Kebanyakan resistensi tubuh terpusat pada kulit dan secara langsung tergantung kepada keadaan kulit. Resistensi kulit yang kering dan sehat rata-rata adalah 40 kali lebih besar dari resistensi kulit yang tipis dan lembab. Resistensi kulit yang tertusuk atau tergores atau resistensi selaput lendir yang lembab (misalnya mulut, rektum atau vagina), hanya separuh dari resistensi kulit utuh yang lembab. Resistensi dari kulit telapak tangan atau telapak kaki yang tebal adalah 100 kali lebih besar dari kulit yang lebih tipis. Arus listrik banyak yang melewati kulit, karena itu energinya banyak yang dilepaskan di permukaan. Jika resistensi kulit tinggi, maka permukaan luka bakar yang luas dapat terjadi pada titik masuk dan keluarnya arus, disertai dengan hangusnya jaringan diantara titik masuk dan titik keluarnya arus listrik. Tergantung kepada resistensinya, jaringan dalam juga bisa mengalami luka bakar.
  1. Lamanya terkena arus listrik
    Semakin lama terkena listrik maka semakin banyak jumlah jaringan yang mengalami kerusakan. Seseorang yang terkena arus listrik bisa mengalami luka bakar yang berat. Tetapi, jika seseorang tersambar petir, jarang mengalami luka bakar yang berat (luar maupun dalam) karena kejadiannya berlangsung sangat cepat sehingga arus listrik cenderung melewati tubuh tanpa menyebabkan kerusakan jaringan dalam yang luas. Meskipun demikian, sambaran petir bisa menimbulkan konslet pada jantung dan paru-paru dan melumpuhkannya serta bisa menyebabkan kerusakan pada saraf atau otak.

Gejala

Gejalanya tergantung kepada interaksi yang rumit dari semua sifat arus listrik. Suatu kejutan dari sebuah arus listrik bisa mengejutkan korbannya sehingga dia terjatuh atau menyebabkan terjadinya kontraksi otot yang kuat. Kedua hal tersebut bisa mengakibatkan dislokasi, patah tulang dan cedera tumpul. Kesadaran bisa menurun, pernafasan dan denyut jantung bisa lumpuh. Luka bakar listrik bisa terlihat dengan jelas di kulit dan bisa meluas ke jaringan yang lebih dalam.

Arus listrik bertegangan tinggi bisa membunuh jaringan diantara titik masuk dan titik keluarnya, sehingga terjadi luka bakar pada daerah otot yang luas. Akibatnya, sejumlah besar cairan dan garam (elektrolit) akan hilang dan kadang menyebabkan tekanan darah yang sangat rendah. Serat-serat otot yang rusak akan melepaskan mioglobin, yang bisa melukai ginjal dan menyebabkan terjadinya gagal ginjal.

Dalam keadaan basah, kita dapat mengalami kontak dengan arus listrik. Pada keadaan tersebut, resistensi kulit mungkin sedemikian rendah sehingga tidak terjadi luka bakar tetapi terjadi henti jantung (cardiac arrest) dan jika tidak segera mendapatkan pertolongan, korban akan meninggal.

Petir jarang menyebabkan luka bakar di titik masuk dan titik keluarnya, serta jarang menyebabkan kerusakan otot ataupun pelepasan mioglobin ke dalam air kemih. Pada awalnya bisa terjadi penurunan kesadaran yang kadang diikuti dengan koma atau kebingungan yang sifatnya sementara, yangi biasanya akan menghilang dalam beberapa jam atau beberapa hari. Penyebab utama dari kematian akibat petir adalah kelumpuhan jantung dan paru-paru (henti jantung dan paru-paru).

Diagnosa

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik. Untuk memantau denyut jantung korban dilakukan pemeriksaan elektrokardiogram. Jika diperkirakan jantung telah menerima kejutan listrik, pemantauan EKG dilakukan selama 12-24 jam. Jika korban tidak sadar atau telah mengalami cedera kepala, dilakukan CT scan untuk memeriksa adanya kerusakan pada otak

Pengobatan terdiri dari :

  1. Menjauhkan atau memisahkan korban dari sumber listrik
  1. Memulihkan denyut jantung dan fungsi pernafasan melalui resusitasi jantung paru (jika diperlukan)
  1. Mengobati luka bakar dan cedera lainnya.

Cara paling aman untuk memisahkan korban dari sumber listrik adalah segera mematikan sumber arus listrik. Sebelum sumber listrik dimatikan, penolong sebaiknya jangan dulu menyentuh korban, apalagi jika sumber listrik memiliki tegangan tinggi. Jika sumber arus tidak dapat dimatikan, gunakan benda-benda non-konduktor (tidak bersifat menghantarkan listrik; misalnya sapu, kursi, karpet atau keset yang terbuat dari karet) untuk mendorong korban dari sumber listrik. Jangan menggunakan benda-benda yang basah atau terbuat dari logam.

Jika memungkinkan, berdirilah di atas sesuatu yang kering dan bersifat non-konduktor (misalnya keset atau kertas koran yang dilipat). Jangan coba-coba menolong korban yang berada dekat arus listrik bertegangan tinggi. Jika korban mengalami luka bakar, buka semua pakaian yang mudah dilepaskan dan siram bagian yang terbakar dengan air dingin yang mengalir untuk mengurangi nyeri.

Jika korban pingsan, tampak pucat atau menunjukkan tanda-tanda syok, korban dibaringkan dengan kepala pada posisi yang lebih rendah dari badan dan kedua tungkainya terangkat, selimuti korban dengan selimut atau jaket hangat. Cedera listrik seringkali disertai dengan terlontarnya atau terjatuhnya korban sehingga terjadi cedera traumatik tambahan, baik berupa luka luar yang tampak nyata maupun luka dalam yang tersembunyi. Jangan memindahkan kepala atau leher korban jika diduga telah terjadi cedera tulang belakang.

Setelah aman dari sumber listrik, segera dilakukan pemeriksaan terhadap fungsi pernafasan dan denyut nadi. Jika terjadi gangguan fungsi pernafasan dan nadinya tidak teraba, segera lakukan resusitasi. Sebaiknya dicari tanda-tanda patah tulang, dislokasi dan cedera tumpul maupun cedera tulang belakang. Jika terjadi kerusakan otot yang luas, mungkin akan diikuti dengan kerusakan ginjal, karena itu untuk mencegah kerusakan ginjal, berikan banyak cairan kepada korban. Korban sambaran petir seringkali bisa disadarkan dengan resusitasi jantung paru.

Pencegahan

  1. Jauhkan kabel listrik dari jangkauan anak-anak
  1. Identifikasi sengatan listrik dan bahaya percikan api, serta  bahaya lain yang mungkin terjadi
  1. Gunakan alat yang tepat untuk setiap pekerjaan
  1. Isolasi peralatan dari sumber energi
  1. Uji setiap sirkuit dan setiap konduktor setiap sebelum Anda menyentuhnya
  1. LOTO dan gunakan alas sebelum bekerja pada peralatan
  1. Matikan alat listrik ketika sedang diperbaiki dan baru boleh dinyalakan setelah LOTO dilepas serta terapkan prosedur penempatan kabel listrik didalam tanah
  1. Jangan pernah menyentuh alat listrik ketika sedang memegang keran atau pipa air
  1. Hindari pemakaian alat listrik pada keadaan basah

Awas, 5 Hal Yang Dilakukan Sehari-Hari Ini Dapat Memicu Kanker

Posted: 08 Oct 2014 06:34 AM PDT

DokterSehat.Com – Dikehidupan yang serba mudah seperti sekarang, banyak orang yang akhirnya memilih cara instan tanpa perlu harus repot. Hal itu kemudian menjadi kebiasaan yang dilakukan berulang-ulang. Contohnya saja makanan dan gaya hidup, namun segala kemudahan yang ada belum tentu sehat, dan justru menjadi pemicu masalah kesehatan, salah satunya kanker.

Berikut 5 hal sehari-hari yang dapat memicu kanker dalam tubuh manusia :

  1. Daging olahan
    Memakan daging olahan secara rutin dapat meningkatkan risiko kematian karena kanker. Selain itu, daging olahan diproses melalui serangkaian cara dan bahan pengawet sehingga mengakibatkan penyakit yang berhubungan dengan kardiovascular. Disarankan mengkonsumsi maksimal 20 gram daging olahan untuk konsumsi per hari.
  1. Popcorn instan
    Apakah Anda suka mengkonsumsi popcorn instan yang dimasak sekaligus dengan kantongnya dalam microwave? Ternyata, kantong popcorn tersebut mengandung PFOA (Perfluorooctanoic acid). Jika terbakar, bahan ini dapat menyebabkan kanker dan menghambat kesuburan.
  1. Salmon
    Salmon yang dibudidayakan disinyalir mengandung pestisida, antibiotik dan serangkaian bahan kimia pemicu karsinogenik. Salmon yang ditangkap langsung dari perairan lebih segar dan sehat karena tidak mengandung bahan kimia.
  1. Keripik kentang
    Keripik kentang digoreng dalam temperatur tinggi untuk membuatnya renyah. Namun ini justru mengakibatkan terbentuknya acrylamide, yaitu karsinogen serupa yang ditemukan pada pembakaran rokok.
  1. Radiasi sinar ultraviolet
    Paparan sinar ultraviolet berpotensi mengakibatkan kanker kulit. Jika Anda senang berjemur di tanning beds, ada baiknya Anda memikirkan kembali risiko ini ya, Ladies.

Berhati-hatilah dengan apa yang Anda gunakan dan konsumsi, bijaklah dalam menakar penggunaannya agar tidak berbahaya bagi kesehataan.

Menonton TV dan Jarang Flossing, Perusak Jantung yang Tidak Terduga

Posted: 08 Oct 2014 06:24 AM PDT

DokterSehat.Com – Serangan jantung merupakan hal yang paling menakutkan bagi setiap orang sebab serangan jantung tidak jarang membuat kematian, serangan jantung sendiri memiliki beberapa penyebabnya bahkan hal-hal yang tidak terduga juga bisa menjadi penyebab serangan jantung.

Jantung berdebar-debar dan nyeri dada merupakan beberapa contoh gejala awal adanya masalah pada jantung, beberapa risiko muncul karena gaya hidup yang tak sehat, namun beberapa lainnya juga bisa muncul karena kebiasaan lainnya. Apa saja?

Berikut 5 hal yang dapat merusak kesehatan jantung :

  1. Sering emosi
    Kerap emosi dan bertengkar dapat memberi pengaruh yang kurang baik pada kesehatan, terutama jantung Anda. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, memengaruhi tekanan darah dan bahkan mengganggu impuls listrik jantung. Sebuah studi pada tahun 2000 yang diterbitkan dalam jurnal Circulation menemukan bahwa di antara 13.000 peserta paruh baya dengan tekanan darah normal, mereka yang pemarah memiliki hampir dua kali risiko penyakit arteri koroner dan tiga kali risiko serangan jantung, bila dibandingkan dengan mereka yang tidak temperamen. Para peneliti mencatat kemarahan, kecemasan dan emosi negatif lainnya dapat membahayakan kesehatan jantung.
  1. Jarang makan buah dan sayuran
    Asupan rendah buah dan sayuran, yakni kurang dari 1,5 porsi per hari, dapat meningkatkan kemungkinan timbulnya penyakit jantung. Hal ini didapat berdasarkan studi pada tahun 2004 yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute. Disebutkan bahwa semakin tinggi asupan harian rata-rata buah-buahan dan sayuran, semakin rendah kemungkinan seseorang untuk terkena penyakit kardiovaskular. Tingginya asupan yang disebutkan dalam studi tersebut yaitu rata-rata delapan atau lebih porsi dalam sehari. Tidak cuma mencegah penyakit jantung, kebiasaan diet sehat ini juga mengurangi risiko penyakit stroke. Pilihlan sayuran hijau seperti selada, bayam, sawi, brokoli, kembang kol, kubis, bok choy, dan kale. Sementara untuk buah pilihlah jeruk dan lemon.
  1. Tidak rutin flossing
    Tidak cuma berpengaruh pada kesehatan gigi, jarang flossing juga dapat memengaruhi kesehatan jantung. Kebiasaan ini dapat mengakibatkan penumpukan bakteri di gusi, yang berujung pada penyakit gusi dan peradangan di seluruh tubuh, termasuk jantung. Bakteri yang menumpuk dan tidak teraih oleh sikat gigi dapat menyebabkan peradangan, yang pada akhirnya juga mengakibatkan komplikasi seperti penyempitan arteri. Penyempitan arteri itu sendiri berkontribusi pada serangan jantung.
  1. Mendengkur
    Mendengkur pada malam hari tidak hanya menjengkelkan, tetapi juga bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang serius seperti apnea tidur obstruktif. Kondisi tersebut membuat seseorang yang mendengkur berulang kali berhenti bernapas secara singkat, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Menurut American Heart Association, ketika seseorang mengalami jeda dalam bernapas lima sampai 30 kali per jam atau lebih saat tidur, hal ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, aritmia dan gagal jantung.
  1. Menonton tv
    Menonton TV selama berjam-jam sambil duduk di sofa adalah kebiasaan yang menyenangkan namun berisiko tinggi. Pasalnya duduk untuk jangka waktu lama dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke, bahkan jika Anda berolahraga secara teratur karena kurangnya gerakan yang memengaruhi kadar lemak dan gula. Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Diabetes menemukan bahwa beberapa jam menonton TV sehari-hari dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung dan kematian. Menonton TV tidak hanya mengambil waktu yang kita miliki untuk melakukan olahraga, tapi juga mendorong seseorang untuk ngemil dan makan makanan yang tidak sehat.

Mewaspadai Benjolan Di Leher, ketiak Atau Pangkal Paha

Posted: 08 Oct 2014 06:24 AM PDT

DokterSehat.Com – Limfoma adalah kanker yang tumbuh akibat mutasi sel limfosit (sejenis sel darah putih) yang sebelumnya normal, seperti halnya limfosit normal, limfosit ganas dapat tumbuh pada bebagai organ dalam tubuh termasuk kelenjar getah bening, limpa, sumsum tulang, darah ataupun organ lain.

Ada dua jenis kanker sistem limfotik yaitu penyakit hodgkin dan limfoma non-hodgkin (NHL). Kanker kelanjar getah bening atau limfoma adalah sekelompok penyakit keganasan yang bekaitan dan mengenai sistem limfatik. Sistem limfatik merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh yang membentuk pertahanan alamiah tubuh melawan infeksi dan kanker.

Cairan limfatik adalah cairan putih menyerupai susu yang mengandung protein lemak dan limfosit yang semuanya mengalir ke seluruh tubuh lewat pembuluh limfatik, ada dua macam sel limfosit yaitu sel B dan T. Sel B berfungsi membantu melindungi tubuh melawan bakteri dengan membuat antibodi yang memusnahkan bakteri. Gejala dan penyakit kanker kelenjar getah bening meliputi pembengkakan kelenjar getah bening pada leher, ketiak atau pangkal paha.

Gejala

Gejala dan penyakit kanker kelenjar getah bening meliputi pembengkakan kelenjar getah bening pada leher, ketiak atau pangkal paha. Pembengkakan kelenjar tadi dapat dimulai dengan gejala penurunan berat badan secara drastis, rasa lelah yang terus menerus, batuk-batuk dan sesak napas, gatal-gatal, demam tanpa sebab dan berkeringat malam hari.

Seringkali penderita tidak menunjukkan gejala khas hanya memiliki semacam benjolan atau pembengkakan kelenjar getah bening pada leher. Benjolan ini jika ditekan TIDAK TERASA SAKIT, berbeda dengan lymphadenitis yang akan terasa sakit jika ditekan. Karena tidak ada keluhan khas banyak pasien baru berobat saat masuk stadium lanjut sehingga sel kanker sudah menyebar dan sulit diangkat dengan operasi.

Diagnosa

Jika Anda mengalami pembengkakan pada kelenjar getah bening atau gejala lain yang menandakan limfoma non-Hodgkin, maka dokter harus mencari tahu apakah gejala tersebut berasal dari kanker atau penyakit yang lain. Anda akan diminta menjalankan tes darah dan prosedur diagnostik berikut :

  1. Pemeeriksaan fisik
    Dokter akan memeriksa pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak dan selangkangan Anda. Dokter juga akan memeriksa limpa dan hati Anda untuk memastikan apakah ada pembengkakan.
  1. Tes darah
    Laboratorium akan melakukan pemeriksaan darah lengkap untuk memeriksa jumlah sel-sel darah. Laboratorium juga akan memeriksa zat-zat lain, seperti Lactate dehydrogenase (LDH). Limfoma menyebabkan tingkat LDH yang tinggi.
  1. Sinar X untuk dada
    Anda perlu menjalani sinar X untuk memeriksa kelenjar getah bening yang bengkak atau tanda-tanda penyakit lain di dada Anda.
  1. Biopsi
    Dokter akan mengambil jaringan untuk mencari sel-sel limfoma. Biopsi adalah satu-satunya cara terbaik untuk mendiagnosis limfoma. Dokter bisa mengangkat seluruh kelenjar getah bening (biopsi eksisi) atau hanya sebagian kelenjar getah bening (biopsi insisional). Dokter patologi akan memeriksa jaringan sel-sel limfoma dengan menggunakan mikroskop.

WHO memperkirakan sekitar 1,5 juta orang di dunia saat ini hidup dengan NHL dan 300 ribu orang meninggal karena penyakit ini tiap tahun. Sekitar 55 persen dari NHL tipenya agresif dan tumbuh cepat.

NHL merupakan kanker tercepat ketiga pertumbuhannya setelah kanker kulit dan paru-paru. Angka kejadian NHL meningkat 80 persen dibandingkan tahun 1970-an. Setiap tahun angka kejadian penyakit ini meningkat 3-7 pesen. NHL banyak terjadi pada orang dewasa dengan angka tertinggi pada rentang usia 45-60 tahun.

Makin tua usia makin tinggi risiko terkena limfoma karena daya tahan tubuhnya menurun. Hingga kini penyebab limfoma belum diketahui secara pasti. Ada empat kemungkinan penyebabnya yaitu faktor keturunan, kelainan sistem kekebalan, infeksi virus atau bakteri dan toksin lingkungan (herbisida, pengawet, pewarna kimia). Penyebabnya multifaktor.

Terdapat lebih dari 30 subtipe NHL (90 persen dari jenis sel B) yang dapat diklasifikasikan dengan pertimbangan beberapa faktor, penampakan di bawah mikroskop, ukuran, kecepatan tumbuh dan organ yang kena.

Derajat keganasan

Limfoma indolen (derajat rendah) tumbuh lambat sehingga diagnostik awal lebih sulit. Pasien dapat bertahan hidup selama bertahun-tahun tetapi belum ada pengobatan yang menyembuhkan. Pasien biasanya memberi respon baik pada terapi awal, tetapi sangat mungkin kambuh lagi. Penderita limfoma indolen bisa mendapat terapi hingga enam kali sepanjang hidup, tetapi makin lama responnya menurun.

Limfoma agresif (derajat keganasan tinggi) cepat tumbuh dan menyebar. Jika dibiarkan tanpa pengobatan dapat mematikan dalam enam bulan. Angka harapan hidup rata-rata lima tahun dan 30-40 persen sembuh. Pasien yang terdiagnosa dini langsung diobati lebih mungkin meraih risiko sempurna dan jarang kambuh, karena ada proteksi kesembuhan, biasanya pengobatan lebih agresif.

Tahap limfoma non-hodgkin

Dokter harus mengetahui tingkatan (tahapan) NHL untuk merencanakan pengobatan yang terbaik. Tahapan ini berdasarkan lokasi tempat sel-sel limfoma ditemukan (di kelenjar getah bening atau di organ atau jaringan lain) dan jangkauan area yang terkena. Tahapan NHL adalah sebagai berikut :

  1. Stadium 1
    Sel-sel limfoma berada dalam satu kelompok kelenjar getah bening (misalnya di leher atau di ketiak). Atau, jika sel-sel abnormal itu tidak berada dalam kelenjar getah bening, tapi hanya pada satu bagian jaringan atau organ tubuh saja (misalnya di paru-paru, tapi tidak di hati atau di sumsum tulang).
  1. Stadium 2
    Sel-sel limfoma berada sekurangnya di dua kelompok kelenjar getah bening, pada sisi diafragma yang sama (baik di atas atau di bawah). Atau, sel-sel limfoma ini berada di organ tubuh dan di kelenjar getah bening di sekitarnya (pada sisi yang sama seperti diafragma) Mungkin ada sel-sel limfoma di kelompok kelenjar getah bening yang lain di sisi diafragma yang sama.
  1. Stadium 3
    Limfoma terdapat dalam kelompok kelenjar getah bening di atas dan di bawah diafragma. Juga dapat ditemukan di organ atau di jaringan di sekitar kelompok kelenjar getah bening ini.
  1. Stadium 4
    Limfoma ini berada di seluruh satu organ atau jaringan (selain di kelenjar getah bening). Atau, berada dalam hati, darah, atau sumsum tulang.

Ini 6 Alasan Kenapa Tubuh Tiba-Tiba Gemetar

Posted: 08 Oct 2014 06:23 AM PDT

DokterSehat.Com – Tanpa disadari semua orang pasti pernah mengalami tubuh yang gemetar, entah karena sedang takut, udara yang dingin atau sakit tertentu. Tapi sebenarnya banyak faktor yang bisa menyebabkan tubuh seseorang menjadi gemetar.

Gemetar adalah suatu tindakan yang dilakukan tanpa sengaja, agak berirama dan gerakan ototnya melibatkan gerakan osilasi dari satu bagian tubuh ke bagian tubu lain.

Semua gerakan ini tanpa disadari dan dapat mempengaruhi tangan, lengan, kepala, wajah, pita suara dan kaki. Namun kebanyakan orang mengalami gemetar pada daerah tangan dan kakinya.

Pada beberapa orang, gemetar yang terjadi merupakan gejala dari adanya kelainan pada neurologis. Namun secara umum, gemetar juga bisa dialami oleh orang yang sehat. Walaupun gemetar tidak mengancam jiwa, tapi dapat memalukan bagi sebagian orang dan membuatnya lebih sulit untuk melakukan tugas sehari-hari seperti menulis, membaca, memegang dan mengambil sesuatu.

nilah penyebab lain dari tubuh yang tiba-tiba bergetar :

  1. Multiple sclerosis
    Multiple sclerosis terjadi ketika terjadi gangguan di dalam sel-sel saraf otak dan sumsum tulang belakang, penyakit ini biasanya disebut dengan penyakit inflamasi yang menyebabkan masalah neurologis dan berujung dengan gemetar.
  1. Stroke
    Stroke merupakan gangguan penyakit yang dihasilkan dari suplai darah ke otak yang terganggu, tingkat stroke bisa bergantung pada daerah otak yang terpengaruh. Dan mampu menyebabkan tubuh Anda gemetar.
  1. Cedera otak traumatis
    Cedera ini biasanya terjadi karena luka trauma otak akibat cedera eksternal maupun internal, salah satu gangguan penyakit karena cedera otak adalah tremor yang parah hingga mampu menyebabkan cacat dan kematian.
  1. Alkohol
    Jika Anda gemar mengonsumsi alkohol, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut. Karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol akan menyebabkan tubuh Anda gemetar tanpa sebab.
  1. Gangguan tidur
    Ada berbagai macam gangguan tidur yang dapat menyebabkan tremor. Salah satunya adalah sleep apnea atau parasomnia. Sebab ketika Anda mengalami gangguan seperti sleep apnea, jalan napas Anda terganggu dan dapat menyebabkan tubuh Anda gemetar.

Apakah Anda sering mengalami gemetar secara tiba-tiba? Jika ya, sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter. Sebab penanganan tepat di awal mampu membantu Anda untuk menyembuhkan penyakit ini secara tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar