Sabtu, 11 Oktober 2014

Dokter Sehat - Informasi Kesehatan Indonesia

Dokter Sehat - Informasi Kesehatan Indonesia


4 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Pikiran dan Tubuh

Posted: 10 Oct 2014 11:23 PM PDT

DokterSehat.Com – Mendengarkan musik bukanlah sekedar hiburan semata. Tanpa Anda sadari, alunan musik sebenarnya telah memberikan perubahan suasana hati dan bahkan membantu Anda untuk berkonsentrasi.

Sebuah studi menunjukkan, mendengarkan lagu dapat memberikan efek pada beberapa bagian otak, yang bertanggung jawab terkait memori dan pengelihatan.

Sebagai contoh, sebuah penelitian terbaru di Kanada menunjukkan bahwa ada hubungan kausal antara musik dan bagian inti dari otak yang bereaksi terhadap rangsangan (makanan, cahaya, seks)

apa saja manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat dengan mendengarkan musik :

  1. Meningkatkan kemampuan visual dan verbal
    Pendidikan musik dini untuk anak-anak bisa menstimulasi otak anak-anak dan mengarah pada meningkatnya kemampuan dalam kecerdasan verbal atau lisannya. Hal ini didukung sebuah penelitian yang melibatkan anak-anak berusia 4-6 tahun yang mendapatkan latihan musik selama satu bulan. Latihan tersebut meliputi ritme, nada, melodi, suara, dan konsep-konsep musik dasar. Hasilnya kemampuan mereka untuk memahami kata-kata dan menjelaskan maknanya bisa meningkat. Penelitian lain yang dilakukan pada anak-anak usia 8-11 tahun menemukan bahwa mereka yang mengikuti kelas tambahan ekstrakurikuler musik bisa meningkatkan IQ lisan mereka dan kemampuan visualnya dibandingkan dengan mereka yang tak mengikuti kelas musik apapun. Untuk orang dewasa, melakukan latihan musik bisa menjaga otak tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia. Segala jenis aktivitas yang melibatkan musik bisa menjadi latihan kognitif yang baik dan membuat otak lebih tajam.
  1. Mengurangi tekanan darah
    Dengan mendengarkan rekaman musik yang lembut setiap pagi dan malam, orang-orang dengan tekanan darah tinggi bisa mengontrol dirinya untuk menurunkan tekanan darahnya. Menurut penelitian yang disebutkan dalam acara pertemuan American Society of Hypertension di New Orleans, mendengarkan musik klasik selama 30 menit, musik Celtic setiap hari bisa mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan. Untuk Anda yang ingin memulai olahraga lari, Anda bisa mulai olahraga dengan mendengarkan musik. Mendengarkan musik saat olahraga lari bisa membuat Anda lari lebih cepat, meningkatkan motivasi olahraga, dan meningkatkan ketahanan tubuh. Bahkan mendengarkan musik setelah olahraga bisa mengembalikan stamina tubuh Anda dengan cepat.
  1. Redakan stres
    Riset tahun 2011 dari lembaga sosial kesehatan mental menunjukkan, hampir sepertiga orang mendengarkan musik untuk memberikan semangat ketika sedang bekerja. Dan satu dari empat orang mengaku bahwa mereka mendengarkan musik saat perjalanan ke tempat kerja untuk membantu mengatasi stres.
  1. Tingkatkan daya tahan tubuh
    Mendengarkan musik tertentu sebenarnya bisa membantu Anda berlari lebih cepat. Sebuah studi di Brunel University, London Barat telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15 persen, meningkatkan semangat dan efisiensi energi 1-2 persen.

Sebaiknya, pilihlah lagu yang sesuai dengan tempo olahraga Anda. Mendengarkan musik sambil olahraga akan memberikan efek metronomik pada tubuh, sehingga memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih lama.

2 Cara Sederhana Terbaik Mengatasi Stress

Posted: 10 Oct 2014 10:45 PM PDT

DokterSehat.Com – Selalu saja ada masalah yang mendera dan membuat motivasi hidup semakin turun, dan jika pikiran tidak mampu menampungnya sudah pasti stress dan bisa-bisa jadi gila. Banyak pekerjaan, berpikir dan beraktivitas akan membuat Anda kelelahan serta tertekan. Hal ini bisa memicu stress dan jika stress tidak diatasi dengan baik, maka hal ini bisa menjadikan Anda depresi. Itulah mengapa, bukan hanya kesehatan fisik saja yang penting Anda jaga, kesehatan batin dan pikiran Anda juga harus dijaga.

ada beberapa hal baik dan buruk yang bisa Anda ikuti dan hindari untuk mengatasi stress, beberapa di antaranya :

Hirup udara segar

Hal terbaik yang paling sederhana dan menenangkan ketika Anda sudah lelah dan penat adalah bernafas. Cukup luangkan waktu Anda saat pagi atau saat sendiri dan berada di luar ruangan dengan menghirup udara sebanyak yang Anda mampu.

Santai saja, tidak perlu memikirkan masalah sejenak dan hal ini sudah mampu menyegarkan pikiran. Percaya atau tidak, menarik nafas dalam dengan memejamkan mata dan menikmati udara yang masuk ke dalam hidung Anda akan membuat Anda merasa lega dan lebih optimis.

Akan lebih baik lagi jika Anda mendengarkan musik yang membuat Anda nyaman dan semakin menikmati suasana di sekitar Anda. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa paparan sinar matahari pagi akan meningkatkan asupan vitamin D yang dapat meningkatkan tingkat serotonin dalam tubuh, yaitu senyawa pelepas stress alami.

Ritual menyenangkan

Jika Anda memiliki satu kegiatan sederhana yang membuat Anda tenang dan senang, maka lakukan setiap hari. Entah itu berjalan santai dan bermain dengan anjing Anda, mendengarkan musik, membaca buku, memasak, menari atau bernyanyi, apa pun yang membuat Anda senang, bisa melepaskan stress yang Anda alami.

Bahkan berenang atau mandi di bawah kucuran air juga memiliki efek menenangkan dan mendinginkan kepala lho Ladies. Jadi, yang Anda perlukan hanya menemukan satu atau dua kegiatan menyenangkan untuk dilakukan sesuka hati setiap hari agar tubuh bisa melepaskan rasa tertekan, Ladies.

Pengobatan Kanker Hati Dengan Cara Tradisional

Posted: 10 Oct 2014 06:33 PM PDT

DokterSehat.Com – Kanker hati adalah penyakit yang berbahaya dan sangat mematikan. Dalam dunia kanker, terdapat beberapa tingkat penyakit yang dapat menyerang kita. Mulai dari tingkat yang paling bawah, dimana penyembuhan masih dibilang lebih mudah.

Hingga tingkat atas, dimana dokter sudah menyerah dan menyerahkan semuanya pada Tuhan dan menantikan mukjizat dari Tuhan. Tentu kita tidak ingin hal tersebut terjadi pada salah satu anggota keluarga kita. Kita tidak ingin mereka menderita penyakti yang begitu berbahaya sehingga memerlukan pengobatan. Berbagai cara kita tempuh untuk menjaga kesehatan anggota keluarga kita. Kita perlu untuk memberi mereka makanan-makanan yang bergizi dan mengajarkan pada anak-anak kita untuk menempuh gaya hidup yang sehat dan kita perlu untuk menuntun mereka untuk mulai menghindari hal-hal yang tidak menyehatkan. Bibit kanker dapat muncul dari mana saja, bahkan hal yang tidak kita duga. Hal yang dapat menumbuhkan bibit kanker hati di tubuh kita dan sudah umum di dunia kesehatan adalah rokok.

Di satu sisi rokok adalah industry yang sangat besar, di sisi lain, rokok dapat membunuh manusia dengan cepat. Dengan merokok, kita membiarkan bibit-bibit kanker tumbuh di tubuh kita. Rokok dapat menumbuhkan bibit kanker hati di tubuh kita. Dengan merokok, kita akan memiliki resiko yang cukup besar untuk menderita kanker hati. kanker hati tidak hanya menyerang perokok aktif saja, namun para perokok pasif juga memiliki resiko yang sama, bahkan lebih besar. Untuk mencegah kanker bersarang di tubuh kita, kita dapat mencoba untuk tidak merokok. Bagi mereka yang telah menjadi perokok, ada baiknya apabila anda mengurangi konsumsi rokok atau bahkan berhenti dari kebiasaan merokok anda.

Gejala

  • Penurunan berat badan
  • Hilangnya nafsu makan
  • Sakit pada area perut bagian atas
  • Mual dan muntah
  • Kelelahan dan lemah
  • Pembesaran pada area hati
  • Bengkak pada area perut
  • Kulit dan bagian putih mata menguning

Pengobatan Kanker Hati dengan Ace Maxs adalah solusi yang tepat karena ace maxs ini terbuat dari bahan-bahan yang 100% alami, yaitu perpaduan antara kulit manggis dan dau sirsak yang telah di percaya secara klinis mampu untuk mengobati berbagai macam penyakit yang efektif dan sangat selektif salah satunya dalam mengatasi kanker hati.

Pengobatan Kanker Hati dengan Ace Maxs adalah solusi yang tepat karena ace maxs ini terbuat dari bahan-bahan yang 100% alami, yaitu perpaduan antara kulit manggis dan dau sirsak yang telah di percaya secara klinis mampu untuk mengobati berbagai macam penyakit yang efektif dan sangat selektif salah satunya dalam mengatasi kanker hati.

Sedangkan di dalam daun sirsak dalam pengoabatn kanker hati ini memiliki peran yang sangat penting untuk menumpas sel kanker hati,dan hasil penelitian acetogenins di dalam daun sirsak inilah yang mampu untuk melawan dari 12 type kanker yang berbeda dan sala satunya adalah kanker hati, selain itu juga khasiat dari daun sirsak ini mampu menumpas kanker tanpa efek samping karena hanya menumpas sel kanker dan tidak menganggu pertumbuhan sel yang normal, dan bahkan hasi dari sudy pun menyatakan khasiat daun sirsak akan memperoleh hasil dan melebihi 10.000 kali lebih dahsyat di bandingkan kemoterapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar