Jumat, 10 Oktober 2014

Dokter Sehat - Informasi Kesehatan Indonesia

Dokter Sehat - Informasi Kesehatan Indonesia


Terserang Multiple Sclerosis? Jaga Kesehatan Tulang Dengan Ini

Posted: 10 Oct 2014 07:46 AM PDT

DokterSehat.Com – Multiple sclerosis (ms) adalah penyakit seumur hidup yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh untuk menyerang myelin (zat lemak) yang mengelilingi dan melindungi saraf anda, sebagai selubung mielin rusak menjadi bekas luka, sinyal saraf dari otak dan sumsum tulang belakang dapat terdistorsi atau putus.

Gejala ms tergantung pada dimana serangan ini terjadi, kondisi ini dapat mempengaruhi otak anda, sumsum tulang belakang, dan mata (saaraf optik). Kabar baiknya dalah bahwa dengan perawatan yang tersedia saat ini, sebagian besar orang dengan ms tidak manjdai cacat berat dan memiliki harapan hidup normal.

Meski memang penyakit multiple sclerosis ini menyerang sistem syaraf otak, namun ternyata juga memiliki dampak terhadap kesehatan bagian tubuh lain, yaitu tulang. Jika Anda terserang multiple sclerosis, Anda memiliki potensi meningkatkan risiko osteoporosis dan berbagai macam penyakit tulang lain.

Penyakit multiple sclerosis ini bisa membuat Anda kehilangan keseimbangan dan mengalami kelumpuhan koordinasi otot serta membuat Anda mudah lelah sehingga membuat Anda sulit melakukan berbagai macam aktivitas. Dengan ini, jika Anda terkena osteoporosis, keadaan menjadi lebih parah.

Anda harus menjaga kesehatan tulang dengan mengonsumsi beberapa nutrisi berikut ini :

  1. Vitamin D
    Memeriksakan keadaan dan level vitamin D dalam tubuh Anda adalah hal yang penting dilakukan. Vitamin D merupakan salah satu unsur pendukung tulang karena membantu penyerapan kalsium untuk tulang dan memperkuat otot. Jika Anda terserang MS, maka segera periksakan level vitamin D.
  1. Menjaga berat badan
    Memeriksakan keadaan dan level vitamin D dalam tubuh Anda adalah hal yang penting dilakukan. Vitamin D merupakan salah satu unsur pendukung tulang karena membantu penyerapan kalsium untuk tulang dan memperkuat otot. Jika Anda terserang MS, maka segera periksakan level vitamin D. Olahraga seperti jogging, berjalan santai, atau menaiki tangga akan melatih kekuatan otot, tulang dan tubuh secara bersamaan serta mampu membantu penurunan berat badan. Tentu saja akan sulit melakukan olahraga sendiri, namun biasanya akan ada terapi untuk membiasakan diri segera setelah Anda terserang MS.
  1. Ketahui pengaruh steroid
    Jika Anda mengalami kejang, maka dokter mungkin akan meresepkan obat steroid untuk membantu meringankan gejala. Namun obat ini bisa sangat buruk untuk tulang karena bisa menghambat metabolisme kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan tulang. Jika obat steroid menghambat dua bahan yang dibutuhkan tulang tersebut, Anda bisa berisiko keropos tulang. Namun jangan memutuskan sendiri untuk tidak mengonsumsi obat yang telah diresepkan dokter, Ladies. Anda harus menanyakan apakah itu cukup aman dikonsumsi, berapa lama Anda harus mengonsumsi obat tersebut dan perlukan Anda minum suplemen vitamin D untuk mencegah efek pada tulang.

Payudara Gatal? Jangan Digaruk, Atasi Dengan Cara Ini

Posted: 10 Oct 2014 07:46 AM PDT

DokterSehat.Com – Payudara gatal merupakan keluhan yang banyak di alami oleh para wanita. Bahkan ada juga yang baru membeli bra atau pakaian dalam, lalu setelah memakainya tiba-tiba payudara gatal. Jika anda merasakan payudara gatal, ini bisa disebabkan oleh iritasi yang terjadi karena gesekan dengan pakaian dalam anda. Payudara gatal juga dapat disebabkan oleh infeksi, iritasi, alergi, dan lainnya.

Jika anda merasakan payudara gatal, kemudian ada lecet pada kulit payudara anda, dan muncul kemerahan, hal itu bisa disebabkan oleh ukuran bra anda yang terlalu ketat atau terlalu longgar . selain itu, payudara gatal dapat juga disebabkan oleh kulit yang terkena garis penyangga yang kasar pada bra.

Untuk mengatasi payudara gatal tersebut, maka anda dapat melakukan tips-tips di bawah ini :

  1. Kalau Anda mengalami gatal, pasti ingin menggaruknya kan? Untuk mengantisipasi hal itu, gunakan punggung tangan untuk menggosok lembut. Metode menggaruk ini lebih nyaman dan aman.
  1. Berikutnya untuk pertolongan pertama, seka payudara Anda dengan air bersih, bersihkan dengan sabun dan bilas. Keringkan dengan handuk lembut. Sebaiknya lakukan di malam hari agar Anda bisa membiarkan payudara tidak menggunakan bra sebelum tidur.
  1. Bila perlu, gunakan salep anti gatal atau salep anti kulit kering khusus untuk payudara. Namun, harus sesuai anjuran dokter. Karena tidak sembarangan salep bisa digunakan.
  1. Sementara, bila tidak diperlukan, hindari penggunaan bedak, bra berenda, pakaian terlalu ketat atau apapun yang rentan memicu gatal berlebih. Lakukan sampai kondisi payudara terasa normal kembali.

Menggaruk bisa menyebabkan pengikisan lapisan kulit secara kasar, hal ini bisa menyebabkan payudara kemerahan bahkan terluka. Lakukan tips di atas bila payudara Anda mulai sering gatal dan tidak nyaman. Bila terjadi gejala yang janggal, segera periksakan ke dokter. Sayangi payudara Anda, Ladies.

Cara-cara Agar Para Ibu Hamil Dapat Rileks Dan Nyaman

Posted: 10 Oct 2014 12:45 AM PDT

DokterSehat.Com – Perempuan hamil memiliki tantangan ekstra, mulai dari mual di pagi hari, kaki kram, sakit punggung, berat badan yang menukik drastis dan bahkan ada yang sampai mengalami sulit bernapas. Nah, pertanyaanya, adakah cara untuk mengurangi keluhan-keluhan saat mengandung?

Ketika usia kandungan memasuki bulan ketiga, kenaikan berat badan pastinya mulai terasa, tidak ayal kondisi ini membuat kaki cepat lelah dan kram. Dan umumnya rasa sakit kian terasa parah di malam hari.

Berikut cara agar hamil terasa nyaman :

  • Rawat diri anda
    Bila tubuh mendapat nutrisi serta istirahat yang cukup, Anda akan selalu tampil segar. Penuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan dengan makan makanan bergizi seimbang. Perbanyak makan buah dan sayuran, bila perlu tambahkan multivitamin sesuai anjuran dokter.  Istirahat cukup, tak perlu melawan rasa lelah yang lebih cepat muncul, 'dengarkan' saja tubuh Anda.
  • Nikmati setiap langkah kaki
    Selain meningkatkan aliran energi kehidupan Anda, olahraga juga akan membuat pipi Anda terlihat bersinar sebagai pancaran keindahan ketenangan pikiran Anda.
  • Biarkan rambut melambai
    Ingin rambut sehat dan indah bersinar saat melambai diterpa angin? Lakukan perawatan rambut secara rutin dengan menggunakan produk berbahan alami.
  • Sentuh wajah
    Berbagai gerakan pemijatan yang lembut pada kulit wajah Anda bermanfaat untuk membantu melancarkan aliran darah di wajah. Lakukan pemijatan wajah setiap pagi dan malam menjelang tidur dengan krim pelembab kesukaan Anda.
  • Manjakan kulit
    Kulit yang bersih dari aneka kotoran yang menyumbat pori-pori akan membuat Anda tampil segar dan nyaman. Lakukan perawatan kulit dan body massage dengan kosmetika herbal.
  • Hirup harumnya kehidupan
    Aromaterapi atau wewangian tertentu akan membantu Anda merasa nyaman. Sebab, ketika Anda hirup wewangian tersebut, molekul-molekulnya akan merangsang ujung-ujung saraf olfaktori dan membuat kondisi emosi serta psikis Anda tenang. Sebelum menggunakan produk aromaterapi, konsultasikan dulu dengan ahli aromaterapi.
  • Nikmati energi kehidupan
    Ciptakan kondisi rileks dengan self-massage. Menurut Michelle Lecclaire O'Neill, Ph.D.,R.N pengarang buku Better Birthing with Hypnosis, self massage yang merupakan salah satu bentuk meditasi ringan ini, akan membantu meningkatkan kerja system imun Anda, dan merangsang produksi hormon pertumbuhan janin.
  • Waktu untuk diri sendiri
    Manjakan diri dengan melakukan hobi Anda, atau berbagai hal yang benar-benar Anda sukai dan membuat Anda merasa senang serta bahagia. Misalnya, melukis, membuat kerajinan tangan, main piano, mendengarkan musik, nonton, nerkebun, dan lainnya.
  • Tertawalah
    Tertawa itu sehat! Mampu membuang berbagai pikiran buruk yang kerap memicu kecemasan dan kekahawatiran selama hamil.
  • Anda bukan super woman
    Buang ego Anda! Tidak perlu menjadi wanita serba bisa alias super woman. Bila Anda merasa tidak sanggup melakukan sesuatu yang terasa berat, jangan segan minta bantuan seseorang. Kalau perlu mintalah seseorang menggantikan Anda untuk sementara.

Trik Jitu Membuat Penampilan Anda Lebih Seksi

Posted: 10 Oct 2014 12:44 AM PDT

DokterSehat.Com – Semua wanita pasti ingin menjadi seksi, tentu seksi tidak hanya dipandang dari segi  fisik saja, faktor non fisik juga dapat membuat penampilan anda lebih seksi. Untuk sebagian wanita bahka menjaga penampilan supaya selalu seksi adalah sebuah keharusan.

Tampil seksi tak harus dilakukan dengan menggunakan pakaian yang mini. Seksi itu sesungguhnya muncul sebagai aura yang terpancar dari diri kita. Nah, kalau tak dengan pakaian seksi, Anda bisa menggunakan makup untuk memunculkannya.

Berikut tips membuat penampilan jadi seksi :

  1. Lipstik merah
    Bagaimanapun lipstik warna merah memang lebih bisa memberikan rona seksi, bahkan lebih dari warna pink atau nude. Warna ini nampak berani dan misterius. Bila Anda sedang dalam rangka flirting dengan suami, it’s a small but important step.
  1. Bronzer
    Natural glow membuat wajah Anda kelihatan lebih seksi dan eksotis. Bila Anda berkulit gelap, gunakan bronzer untuk memberi kontur dan glowing alami pada wajah. Sedangkan bila Anda memiliki kulit cerah, gunakan luminizer untuk BB Cream atau makeup base Anda.
  1. Scrub bibir
    Gunakan scrub bibir untuk menjaga bibir tetap lembut dan halus, Dengan begitu warna-warna yang akan Anda sapukan pada bibir bisa terlihat natural dan seksi.
  1. Frame smokey eyes
    Buat gaya makeup smokey yang lebih personal. Misalnya memilih warna kesukaan Anda sendiri dengan warna cokelat dan pink atau hitam dengan biru gelap. Warna seperti ini membuat mata Anda lebih dramatis. Tapi bila overdoing, Anda bisa terlihat too much seperti akan ke pawai. Buatlah frame senatural mungkin agar efek dramatisnya lebih terlihat.
  1. Wewangian
    Sebuah wewangian bisa membuat Anda menyenangkan untuk didekati. Gunakan parfum yang sesuai dengan karakter, karena itu akan semakin menonjolkan pesona Anda.
  1. Kaki bersih terawat
    Bersihkan dan rawat kaki Anda. Kaki yang tampak bersih dan lembut akan terlihat seksi. Gunakan lotion agar kaki bisa berkilau alami. Heels dan sandal wedges adalah pilihan yang cute untuk kaki-kaki yang menggoda.
  1. Tatanan rambut alami
    Wet look dan natural look adalah model rambut yang bisa membuat Anda kelihatan seksi. Wet look yang bisa dipilih adalah gaya klimis untuk rambut super pendek. Sementara bila tidak suka wet look, Anda bisa menata rambut menggunakan jari sehingga terlihat lebih alami.

Dandanan seperti ini memang akan tampak menggoda. Bisa jadi trik jitu bagi pasangan pengantin baru yang akan honey moon atau untuk memberikan ‘kode’ pada hubby untuk menikmati quality time bersama.

5 Rahasia Cantik Tanpa Makeup, Bisa Dong!

Posted: 09 Oct 2014 10:20 PM PDT

DokterSehat.Com – Wajah cantik dan bersih menjadi dambaan bagi setiap wanita, sehingga banyak wanita yang berlomba-lomba untuk membuat wajahnya tampak cantik, putih bersih dan berserki  dengan berbagai makeup yang disukainya. Namun terkadang ada juga wanita yang lebih memilih perawatan kecantikanya dengan cara alami alias tanpa menggunakan make up. Dan hal ini yang menjadikan dia cantik alami dan lelaki menyukai wanita yang tampil cantik secara alami.

Inilah beberapa rahasia yang bisa membuat wanita cantik walaupun tidak memakai makeup :

  1. Tidur cukup
    Tidur adalah cara alami untuk meregenerasi sel-sel kulit yang mati dan rusak. Tidur cukup setiap malam akan membuat kulit tampak lebih muda, halus dan bersinar. Tubuh Anda tahu metode terbaik untuk memperbaiki struktur kulit yang terpapar polusi dan radikal bebas. Maka pastikan Anda tidur cukup setiap hari, tak perlu begadang jika tidak perlu.
  1. Kompres air es
    Untuk menjaga kesegaran wajah, di pagi hari setelah mandi, Anda bisa mengoleskan es batu di wajah. Es batu akan membantu mengecilkan pori-pori dan membuat wajah lebih bebas minyak. Selain wajah yang tampak fresh, kantong mata bisa berkurang jika Anda mengompres bagian mata dengan es batu.
  1. Pakai masker
    Pemakaian masker yang alami adalah yang terbaik, Anda bisa memakai dari buah-buahan yang ada di sekitar. Misalnya apel yang diparut halus, timun, pisang dan sebagainya. Jika masker sudah setengah kering, lakukan pemijatan agar sel kulit yang rusak bisa terangkat secara alami tanpa menyebabkan kulit jadi kering.
  1. Pakai sunsceen
    Kulit harus tetap terlindungi dari sinar matahari, maka Anda harus memakai sunscreen. Ada banyak sunscreen yang dijual khusus tanpa jadi satu dengan kosmetik, biasanya dapat Anda beli di apotik dan merupakan bahan yang tidak memerlukan resep dokter. Tanyakan pada apoteken sunscreen jenis ini, karena lebih efektif melindungi kulit ketimbang sunscreen yang ada di dalam kosmetik.
  1. Minum air secukupnya
    Minum air dapat membuat kulit lebih lembab dari dalam. Tubuh manusia terdiri dari 80 persen cairan, maka saat tubuh dehidrasi 1 persen saja, manusia akan sulit berpikir, lelah dan mengalami kekeringan. Jika tubuh membutuhkan air, maka cairan dari kulit ikut diambil, sehingga kulit menjadi kering. Maka pastikan Anda mengonsumsi air 8 gelas setiap hari dan sesuaikan dengan kegiatan Anda.

Sekarang Anda sudah tahu rahasia cantik tanpa makeup. Mudah bukan?

Gejala Neuralgia Trigeminal (Tic Douloureux)

Posted: 09 Oct 2014 10:19 PM PDT

DokterSehat.Com – Neuralgia Trigeminal (tic douloureux) adalah suatu jenis kelainan dimana ditandai dengan adanya nyeri wajah di satu sisi, nyeri tajam dan hilang timbul kadang sampai menggangu aktifitas. Karena lokasi nyeri sering di sekitar mulut dan pipi, kelainan in banyak dikaitkan dengan masalah di gigi maupun di sinus. Padahal sebenarnya nyeri berasal dari saraf yang teriritasi atau tertekan.

Saraf trigeminal atau saraf ke V adalah saraf yang berhubungan dengan kelainan ini. Secara normal saraf trigeminal ini mensarafi area wajah, gusi, mulut maupun hidung. Sehingga bila saraf ini mengalami iritasi maka area diatas yang terkena efeknya berupa rasa tebal sampai nyeri berat. Gejala khas lainnya biasanya nyeri timbul setelah diprovokasi, misalnya setelah wajah disentuh, saat sikat gigi, mengunyah, terkena angin bahkan saat memakai make up di wajah.

Gejala

Nyeri bisa terjadi secara spontan, tetapi lebih sering timbul karena tersentuhnya titik tertentu (titik pemicu) atau karena aktivitas tertentu (misalnya menggosok gigi atau mengunyah). Serangan ulang dari nyeri yang luar biasa bisa dirasakan di setiap bagian pada wajah bagian bawah. Nyeri paling sering dirasakan di pipi dekat hidung atau di daerah rahang. Nyeri bisa terjadi sampai 100 kali/hari dan yerinya dapat melumpuhkan.

Diagnosa

Diagnosis ditegakkan berdasarkan nyerinya yang khas. Juga dilakukan pemeriksaan untuk menemukan penyebab lain dari nyeri di wajah (misalnya kelainan pada rahang, gigi atau sinus, atau penekanan saraf trigeminal oleh tumor atau suatu aneurisma).

Pengobatan

Serangan nyeri sifatnya berulang dan singkat, karena itu biasanya tidak diberi obat nyeri. Obat yang diberikan adalah anti kejang, yang akan menstabilkan selaput saraf. Biasanya diberikan karbamazepin, jika tidak berhasil atau menimbulkan efek samping yang berat, diganti dengan fenitoin. Pada beberapa kasus digunakan baklofen dan obat anti depresi. Biasanya terjadi perbaikan spontan, tetapi serangan nyeri bisa kambuh setiap saat.

Neuralgia trigeminal kadang disebabkan oleh penekanan arteri terhadap saraf yang terletak di dekat otak. Pada keadaan ini dilakukan pembedahan untuk memisahkan arteri dari saraf dan untuk mengurangi nyeri. Pada penderita yang tidak memberikan respon terhadap pemberian obat bisa dilakukan pemeriksaan dimana alkohol disuntikkan ke dalam saraf untuk menyumbat fungsinya sementara waktu. Jika tindakan ini menyebabkan berkurangnya nyeri, maka saraf bisa dipotong atau dihancurkan dengan menyuntikkan obat ke dalammnya. Hal ini merupakan pilihan terakhir dari pengobatan karena seringkali menyebabkan rasa tidak nyaman di wajah.

Posisi duduk Ibu hamil mempengaruhi kesehatan bayi

Posted: 09 Oct 2014 07:16 PM PDT

DokterSehat.Com – Posisi duduk saat sedang hamil dapat mempengaruhi kesehatan bumil dan si bayi, itulah mengapa bumil disarankan duduk dengan posisi yang tidak sembarangan. Berhati-hati dalam segala hal memang wajib dilakukan bumil sepanjang kehamilan. Karena salah melakukan suatu hal bisa mengancam nyawa keduanya.

Berikut beberapa posisi duduk yang tidak dianjurkan untuk calon bunda yang tengah mengandung :

  1. Posisi bungkuk
    Saat posisi membungkuk, punggung Anda tidak terjaga lurus. Berat badan dibebankan pada sumsum tulang belakang. Dan ini dapat membahayakan keselamatan Anda, juga janin yang ada di dalam perut. Maka dari itu, hindari posisi duduk seperti ini.
  1. Duduk dengan kaki menggantung
    Duduk dengan kaki menggantung akan meningkatkan aliran darah ke kaki Anda. Sehingga, kaki akan mengalami pembengkakkan, yang mana hal ini merupakam masalah umum bagi para ibu hamil.
  1. Duduk tanpa sandaran
    Duduk tanpa sandaran, menyebabkan punggung dalam posisi tegang. Sehingga, punggung akan lekas nyeri dan pegal. Sebaiknya jika sedang duduk, pilihlah kursi yang memiliki sandaran. Agar punggung dalam kondisi nyaman dan rileks.
  1. Posisi duduk membungkuk ke depan
    Ini adalah posisi paling berbahaya bagi ibu hamil. Karena, saat Anda membungkuk ke arah depan, beban tubuh beralih menekan perut Anda. Apalagi jika masa kehamilan telah memasuki fase lanjut, tulang rusuk Anda dapat menusuk tubuh bayi dan meninggalkan bekas permanen.
  1. Posisi duduk setengah
    Ibu hamil sering duduk dengan posisi seperti ini. Tahukah Anda bahwa pada posisi ini sumsum tulang belakang menahan berat tubuh Anda. Dan itulah sebabnya, jika Anda duduk seperti ini dalam waktu yang lama, punggung akan terasa nyeri dan pegal.

Melahirkan bayi yang sehat adalah kebahagiaan optimal para perempuan di dunia ini. Maka dari itu, jika Anda tengah mengandung, hindarilah melakukan hal-hal sepele yang memberikan efek buruk pada bayi, dan juga pada Anda.

Diagnosa Kelainan Penciuman Dan Pengecapan

Posted: 09 Oct 2014 07:15 PM PDT

DokterSehat.Com – Kelainan Penciuman dan Pengecapan jarang berakibat fatal sehingga tidak mendapatkan perhatian medis yang khusus, tetapi kelainan ini bisa menyebabkan penderita menjadi putus asa karena mempengaruhi kemampuannya untuk menikmati makanan, minuman dan bau yang menyenangkan. Kelainan ini juga mempengaruhi kemampuan penderita untuk mengenali bahan kimia dan gas yang berbahaya, yang dapat menimbulkan akibat yang serius.

Penciuman dan pengecapan sangat berhubungan erat. Serabut pengecap di lidah menentukan rasa; saraf-saraf di hidung menentukan penciuman. Kedua sensasi tersebut dihubungkan ke otak, yang kemudian menggabungkan informasi yang didapat untuk mengenal dan mengapresiasikan rasa. Beberapa rasa (seperti asin, pahit, manis dan asam) bisa dikenal tanpa penciuman, tetapi untuk mengenali rasa yang lebih kompleks (misalnya frambos) diperlukan gabungan dari indera penciuman dan pengecapan.

Diagnosa

Untuk menguji penciuman, bisa digunakan wewangian yang berasal dari minyak wangi, sabun dan makanan (misalnya kopi atau cengkeh). Untuk menguji pengecapan bisa digunakan gula (manis), jus jeruk (asam), garam (asin) dan aspirin-kuinin-lidah buaya (pahit). Keadaan mulut juga diperiksa, untuk melihat kemungkinan adanya infeksi atau kekeringan (terlalu sedikit ludah). Jarang diperlukan pemeriksaan CT scan maupun MRI kepala.

Pengobatan

Untuk pengobatan Kelainan Penciuman & Pengecapan bisa dengan konsumsi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita. Nutrisi herbal yang terbagus adalah yang mengandung Asam Amino, Trace Mineral, Vitamin dan Fibroblast Growth Factor (FGF). Komponen itu diperlukan tubuh untuk memperbaiki kerusakan sel tubuh karena penyakit atau karena aus. Laminine juga merupakan nutrisi herbal yang berasal dari stem cell induk dari telur yang berusia 9 hari yang efektif dalam meremajakan sel dan kesehatan tubuh secara total. Dosis yang dianjurkan untuk  Penyakit Kelainan Penciuman & Pengecapan adalah 2-3 kapsul sehari, dan untuk kasus tertentu yang memerlukan perawatan ekstra diperlukan dosis 4-5 kapsul sehari. Konsumsi laminine setiap hari dapat membantu memperbaiki kerusakan sel tubuh secara total dan juga untuk meregenerasi sel yang sudah tua atau aus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar