Minggu, 05 Oktober 2014

Dokter Sehat - Informasi Kesehatan Indonesia

Dokter Sehat - Informasi Kesehatan Indonesia


Bahaya Pemakaian BH Kawat Setiap Hari

Posted: 05 Oct 2014 08:00 AM PDT

DokterSehat.Com – Menggunakan bra kawat sudah menjadi kebiasaan perempuan karena membuat bentuk payudara terlihat kencang, daerah-daerah pribadi wanita sangat sensitif dan rentan dengan yang namanya penyakit. Salah satunya dengan payudara, banyak wanita-wanita tidak terlalu perduli dengan apa yang mereka pakai dan apa yang mereka makan, yang ahirnya kebiasaan-kebiasaan dan rutinitas yang selama ini dilakukan sangat tidak baik bagi tubuh mereka.

salah satu teman saya yang gemar sekali menggunakan BH kawat, saya tau karena setiap belanja pakaian dalam dengan saya yang dia beli BH berkawat. Ahir-ahir ini dia sering merasa nyeri dibagian punggung belakang, setelah dia konsultasi kedokter penyebab sakit punggungnya itu adalah terlalu seringnya dia menggunakan BH Kawat. Kabar menghebohkan muncul sekitar tahun 1995, dari hasil penelitian Sidney Ross Singer dan Soma Grismaijer di Amerika Serikat, terhadap 4.700 perempuan. Dalam buku Dressed to Kill, kedua ilmuwan itu menyatakan, pemakaian bra berkaitan dengan kejadian kanker payudara.

Kepala bagian epidemiologi reproduktif dan hormonal National Cancer Institute, Louise Brinton, menyatakan bahwa pendapat tersebut tidak masuk akal. Selama 30 tahun melakukan riset di bidang kanker, ia masih mendapati bahwa hal paling umum untuk terjadinya kanker berkaitan dengan kadar hormon endogen.

Memang belum ada penelitian ilmiah tentang kaitan bra berkawat maupun kebiasaan tidur memakai bra, dengan kejadian kanker payudara,jadi jangan khawatir, ungkap Dr. Adityawati Ganggaiswari, MBiomed, dari Yayasan Kanker Indonesia, saat dihubungi GHS.

jadi saya sarankan untuk para saudari-saudari kita yang menggunakan BH Kawat, gunakan pada acara – acara tertentu saja. Misal pada acara pesta, karena memang memperindah tampilan anda. Tapi sayang sekali jika indah tidak disertai dengan memperhitungkan kesehatan kita.

Menghilangkan Dengungan Pada Telinga

Posted: 05 Oct 2014 04:00 AM PDT

DokterSehat.Com – Hai Ladies! Anda mungkin penasaran apa yang membuat telinga anda mendengar seperti suara dengungan? Dengungan pada telinga disebut tinnitus, dan tinnitus disebabkan oleh kerusakan pada syaraf telinga bagian dalam anda. Hal ini terjadi biasanya setelah anda mendengarkan musik keras-keras, atau setelah anda berada dalam kebisingan, seperti konser musik rock atau metal.

Dalam beberapa kasusu penyebab dari penyakit tinitus atau telinga berdengung tidak dapat di temukan, namun umunya hal ini akan terjadi ketika sel telinga bagian dalam mengalami kerussakan. Rambut harus dalam telinga akan bergerak dalam kaitannyadengan tekanan gelombang suara, setelah itu sel-sel telinga akan terpicu untuk melepaskan sinyal listrik melalui syaraf pendengaran di telinga ke otak anda. Kemudian otak akan menafsirkan sinyal yang di telinga nya sebagai suara, namun jiga rambut yang berada dalam telinga bengkok atau patah hal ini akan bocornya implus yang di tujukan ke otak anda.

Tidak hanya itu saja yang dapat menyebabkan tinitus atau telinga berdengung, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan tinitu, Berikut ini :

  • Kebiasaan meroko itu mungkin saja akan menimbulkan tinitus
  • Sering terpapar atau mendengar suara yang terlalu keras
  • Tidak rajin mebersihkan telinga karen itu akan terjadi pengotoran pada telinga
  • Perubahan struktur tulang di telinga
  • Penyakit meniera
  • Gangguan TMJ
  • Cedera kepala atau cedera leher
  • Neuroma akustik
  • Gangguan pembulu darah

gejala

Berikut ini adalah beberapa gejala awal yang harus anda waspadai yang mungkin saja akan terjadi telinga berdengung atau tinitus, berikut ini :

  • Sering terdengar bunyi atau suara di dalam telinga, padahal tidak ada suara apapun
  • Telinga terdxengar berisik seperti suara dengung, berdenging, berdenyut, menderum atau berbunyi berbunyi desis angin atau siulan
  • Bunyi-bunyian yang terdengar bisa bervariasi mulai pelan sampai memakakan telinga
  • Dari hari ke hari pendengaran semakin berkurang hingga akhirnya menghilang sama sekali

Pengobatan

  • Mengetuk bagian belakang tengkorak
    Jika anda baru datang dari sebuah konser atau klub malam, dan telinga anda tetap saja berdengung, maka bisa saja anda telah merusak bulu-bulu kecil dalam koklea anda yang mungkin saja mengakibatkan peradangan dan stimulasi pada syaraf. Jika anda mengetuk bagian belakang tengkorak anda, anda bisa menghilangkannya secara perlahan.
  • Cobalah untuk menunggu dengung itu berhenti dengan sendirinya
    Telinga anda berdengung mungkin karena tidak terbiasa dengan keadaan sekitar. Biasanya tidak sampai 5 menit, dengungan dalam telinga anda akan berhenti dengan sendirinya. Tapi jika itu tidak berhenti juga, maka segeralah hubungi dokter. Mungkin saja telinga anda sedang bermasalah, dan dengan menghubungi dokter anda bisa mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Sawan Anak dan Pertolongan Pertama untuk Mengatasinya

Posted: 05 Oct 2014 12:00 AM PDT

DokterSehat.Com – Sawan dipercaya masyarakat sebagai gejala rewel, kejang-kejang dan demam yang disebabkan oleh terlanggarnya berbagai mitos yang mungkin dilakukan oleh sang ibu. Menurut Choirun di situs kompasiana.com, penyebab anak sawanen bisa jadi karena si ibu makan kambing saat menyusui, si ibu dan bayi menghadiri acara pernikahan atau pemakaman, atau karena si ibu makan makanan yang pedas.

Apapun penyebabnya, kondisi bayi atau anak yang sedang sawanen sangat menghawatirkan. Demam tinggi hingga kejang-kejang pada bayi bisa merusak otaknya. Menurut shvoong.com, anak yang terkena sawan atau lebih tepatnya kejang berhubungan dengan aliran elektrik dalam tubuhnya.

Aliran elektrik ini terlepas secara tidak normal di dalam otak anak dan mengakibatkan terjadinya guncangan pada anak. Anak yang sedang sawanen parah bahkan bisa sampai menggeliat-geliat di lantai, bola matanya bergerak ke atas, mulutnya berbusa, lidahnya tergigit dan kehilangan kesadaran sejenak. Gejalanya sangat mirip dengan epilepsi.

Lalu bagaimana caranya memberikan pertolongan?

  1. Membaringkan anak dengan aman di atas lantai dengan posisi telungkup atau miring, agar lidahnya menjulur ke depan dan lendir bisa mengalir keluar, sehingga tidak menghalangi masuknya oksigen ke dalam tubuh.
  1. Jangan memberikan makanan atau minum selama anak sawan.
  1. Jangan cemas jika bibir anak tidak berwarna biru dan anak masih bisa bernapas dengan normal.
  1. Bila bibir anak berubah menjadi biru atau sesak napas, berikan napas buatan dari mulut ke mulut setelah saluran udaranya dibersihkan.
  1. Singkirkan barang-barang yang berbahaya jika anak masih menggeliat-geliat di lantai.
  1. Jika panas anak tetap tinggi, bukalah bajunya dan gosokkan badannya dengna menggunakan handuk yang dingin untuk mengurangi temperatur yang meningkat secara tiba-tiba. Karena demam yang semakin parah bsia mengakibatkan lebih banyak serangan tiba-tiba.

Setelah sawan anak biasanya tenang kembali dan dapat tidur dengan nyenyak. Jika sawan terjadi akibat demam yang tinggi, maka perhatikan temperaturnya dengan seksama agar sawan tidak terulang kembali dan berilah obat penurun demam. Jagalah agar demam anak tetap terkendali dan segera ke rumah sakit jika demam tidak turun setelah beberapa jam.

3 Sayuran Mujarab Untuk Meredakan Masalah Pernafasan

Posted: 04 Oct 2014 10:00 PM PDT

DokterSehat.Com – Selain kaya akan vitamin dan mineral sayuran juga dapat meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh, jika dimasak dengan benar sayuran dapat memberi manfaat lebih bagi tubuhmu.

Menurut Dailymail baru-baru ini, ada 3 jenis sayuran yang dapat membantu meredakan bahkan menyembuhkan masalah pernafasan yang kamu derita, misalnya saja Asma.

Berikut ini 3 sayuran yang menurut penelitian dapat meredakan bahkan menyembuhkan masalah pernafasan yang kamu derita :

  1. Brokoli untuk masalah asma
    Bagi Anda yang memiliki penyakit asma atau sesak nafas, konsumsilah brokoli secara rutin mulai sekarang. Kandungan sulforaphane dalam brokoli mampu mencegah terjadinya inflamasi pada pernafasan. Akan sangat baik kalau Anda mengonsumsinya dalam keadaan bersih dan belum dimasak. Bisa dijadikan jus sayuran atau di steam dalam suhu tertentu sehingga tidak terlalu mempengaruhi kandungan vitamin di dalamnya. Brokoli juga sangat bagus bagi imunitas, karena mengandung vitamin A, B6 dan C. Selain itu juga mengandung zat besi yang baik bagi pembentukan sel darah merah. Cocok juga bagi Anda yang sedang diet karena kandungan seratnya cukup tinggi.
  1. Kubis untuk melindungi paru-paru
    Apapun bisa kita hirup. Asap obat nyamuk, asap kendaraan, bau-bauan yang aneh, virus dan berbagai gas yang kurang baik bagi paru-paru kita. Bantu paru-paru untuk menjaga ketahanannya dengan mengonsumsi kubis. Tanaman ini banyak digunakan untuk sayur lalapan sehingga mungkin rasanya cukup familiar di lidah kita. Kandungan kubis cukup mirip dengan brokoli. Diperkaya dengan beta karoten dan anti oksidan sehingga bisa meregenerasi dan menjaga sel paru-paru yang rusak.
  1. Kembang kol untuk aneka masalah pernapasan
    Kandungan kubis cukup mirip dengan brokoli. Diperkaya dengan beta karoten dan anti oksidan sehingga bisa meregenerasi dan menjaga sel paru-paru yang rusak. Konsumsi sayuran hijau selalu baik dan menyehatkan bagi tubuh Anda, pelan-pelan biasakan konsumsi sayuran mentah. Dalam beberapa minggu Anda bisa merasakan efeknya karena sayuran jenis ini sangat membantu proses detoks dan melindungi kesehatan organ tubuh Anda.

Yang Harus Diperhatikan dalam Obat Herbal Asma

Posted: 04 Oct 2014 08:00 PM PDT

DokterSehat.Com – Maraknya pengobatan alternatif yang menggunakan bahan herbal atau alami saat ini ternyata menarik peminat penderita penyakit yang terkadang putus asa dengan pengobatan medis, dan penggunaan obat herbal terkadang diluar kontrol dina kesehatan terutama pada praktek praktek pengobatan alternatif yang tidak jelas.

Jangan karena ada kesan herbal dan alami masyarakat terjebak dengan ketidak tahuan tentang kandungan zat dalam obat herbal yang ternyata dalam penggunaan tanpa dosis dan kontrol malahan berakibat fatal.bahan alami memang baik karena dari alam tapi unsur yang terkandung dalam bahan herbal harusnya diberi tahukan.

Jadi Pada prinsipnya, obat-obatan herbal memiliki potensi efek samping yang sama dengan obat-obatan sintetis atau konvensional. Tubuh kita tidak bisa membedakan antara pengobatan menggunakan herbal dengan pengobatan sintetis. Produk obat herbal merupakan bagian-bagian dari tumbuhan (misalnya akar, daun, kulit, dan lain-lain) dan mengandung banyak senyawa kimia aktif. Senyawa ini, selain mempunyai khasiat penyembuhan juga dapat memiliki efek samping yang dapat merugikan.

Anda tetap perlu menyiagakan kewaspadaan ketika mengonsumsi ramuan-ramuan herbal, meskipun seluruh bahan-bahannya murni diambilkan dari alam. Seperti yang dijelaskan oleh mayoclinic.com, salah satu aspek yang sering luput dari perhatian ketika berhadapan dengan pengobatan herbal adalah kualitas dan dosisnya.

Karena tidak adanya panduan resmi mengenai pengolahan obat herbal, apalagi yang dibuat sendiri di rumah, Anda sering tidak mengetahui standar kualitas dan dosis pasti yang diperlukan dalam pembuatan ramuan herbal tersebut.

Padahal, dosis yang tidak sepadan dengan kapasitas tubuh Anda sangat mungkin menimbulkan efek samping yang malah merugikan, lho. Efek-efek samping obat herbal bervariasi, dari ringan hingga parah, tergantung senyawa yang terkandung dalam obat-obatan herbal tersebut.

Contohnya saja, Ma Huang atau ephedra; pereda asma, sinus, dan sesak nafas tradisional suku Indian dan China yang bisa menimbulkan resiko serangan jantung dan hipertensi apabila pemakaiannya melebihi sedikit saja dari batas normal. Bahkan, Amerika sudah menerapkan pengawasan yang ketat terhadap bahan ini.

Terkadang, penggunaan obat herbal pun bisa berbenturan dan tidak cocok dengan pengobatan lain yang sedang Anda jalani lho, Ladies. Namun, terlepas dari itu semua, bukan berarti obat-obatan herbal tidak aman untuk dikonsumsi. Hanya saja, Anda perlu tetap teliti ketika mengambil langkah pengobatan herbal apapun, dan bila perlu, selalu konsultasikan dengan dokter Anda.

Tips Dalam Menjalankan Program Diet Makanan Mentah

Posted: 04 Oct 2014 06:37 PM PDT

DokterSehat.Com – Pola makan kita saat ini umumnya adalah makan begitu banyak makanan olahan yang kita bahkan tidak berhenti untuk berpikir tentang apa yang sudah kita masukkan ke dalam tubuh kita, dan kita tidak tahu seberapa jauh hal itu berpengaruh untuk kesehatan tubuh kita.

Pola diet dengan menu diet makanan mentah berarti mengonsumsi makanan dalam bentuk yang belum diolah. Ada beberapa alas an-alasan yang masuk akal mengapa ini adalah ide yang baik. Pengolahan dan memasak makanan dapat mengurangi begitu banyak nilai gizi dari bahan dasar makanan tersebut. Anda mungkin ingat atau pernah mendengar saran jangan mengupas wortel atau kentang terlalu dalam, namun kadang tidak dibarengi penjelasan mengapa hal tersebut dilakukan.

Diet makanan mentah berarti makana belum diproses, mentah, organik, atau makanan utuh; seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan kering, rumput laut dll. Memasak mengeluarkan rasa dan nutrisi dari sayuran dan buah-buahan dalam jumlah yang cukup besar.

Program diet yang dalam istilah asing dikenal dengan sebutan raw food diet ini memang cukup efektif dalam mengontrol lemak yang masuk dalam tubuh, dan juga sangat menyehatkan. Akan tetapi proses diet makanan mentah tidak bisa dilakukan dengan mudah, karena banyak godaan dan hal yang bisa mengganggu konsentrasi kita saat melakukannya. Namun Anda jangan berkecil hati dan putus asa, karena ada hal yang bisa dilakukan agar bisa sukses menjalankan program diet tersebut, antara lain :

1. Konsultasi dengan ahli gizi
Agar usaha diet yang dijalankan sesuai dengan aturan yang benar, maka jangan sembarangan dalam melakukannya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan ahli gizi. Langkah tersebut akan membuat Anda faham dan yakin bahwa yang dilakukan sudah benar dan berada di jalur yang tepat.

2. Lakukan secara bertahap
Bagi orang yang terbiasa mengkonsumsi makanan junk food atau yang memiliki citarasa dan aneka bumbu yang menggugah selera, pasti akan sangat sulit saat menjalani diet makanan mentah. Oleh sebab itu, lakukanlah program diet ini secara bertahap, walaupun pelan tetapi pasti.

3. Bergabung dengan komunitas yang sefaham
Jika kita punya teman yang memiliki keinginan dan tujuan yang sama sama menjalankan program diet makanan mentah, maka mereka akan menjadi motivator kita dalam menjalankan upaya tersebut. Kita tidak akan merasa sendirian dan yakin bahwa kalau orang lain bisa, maka kita pun pasti bisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar