Minggu, 12 Oktober 2014

Dokter Sehat - Informasi Kesehatan Indonesia

Dokter Sehat - Informasi Kesehatan Indonesia


Psikologi Kesehatan Mental

Posted: 12 Oct 2014 12:41 AM PDT

DokterSehat.Com – Seseorang bisa dikatakan sehat apabila secara raga dan jiwanya sehat, jika raga seseorang sehat tapi jiwanya tidak, sama saja seperti orang yang sakit. Jiwa yang dimaksudkan disini adalah psikis seseorang, termasuk mentalnya. Itu mengapa adanya kesehatan mental. Karena untuk menjadi sehat secara utuh diperlukan tidak hanya sehat fisik tapi juga sehat mental.

Istilah kesehatan mental diambil dari konsep mental hygiene, kata mental diambil dari bahasa Yunani, pengertiannya sama dengan psyche dalam bahas latin yang artinya psikis, jiwa atau kejiwaan. Mental hygiene merujuk pada pengembangan dan aplikasi seperangkat prinsip-prinsip praktis yang diarahkan kepada pencapaian dan pemeliharaan unsur psikologis dan pencegahan dari kemungkinan timbulnya kerusakan mental atau malajudjusment.

Aspek psikis manusia pada dasarnya merupakan satu kesatuan dengan sistem biologis, sebagai sub sistem dari eksistensi manusia, maka aspek psikis selalu berinteraksi dengan keseluruhan aspek kemanusiaan. Karena itulah aspek psikis tidak dapat dipisahkan untuk melihat sisi jiwa manusia.

Ada beberapa aspek psikis yang turut berpengaruh terhadap kesehatan mental, antara lain :

Pengalaman awal Pengalaman awal merupakan segenap pengalaman-pengalaman yang terjadi pada individu terutama yang terjadi di masa lalunya. Pengalaman awal ini adalah merupakan bagian penting dan bahkan sangat menentukan bagi kondisi mental individu di kemudian hari.Kebutuhan Pemenuhan kebutuhan dapat meningkatkan kesehatan mental seseorang. Orang yang telah mencapai kebutuhan aktualisasi yaitu orang yang mengeksploitasi dan segenap kemampuan bakat, ketrampilannya sepenuhnya, akan mencapai tingkatan apa yang disebut dengan tingkatan pengalaman puncak.Dalam berbagai penelitian ditemukan bahwa orang-orang yang mengalami gangguan mental, disebabkan oleh ketidakmampuan individu memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Kebutuhan yang dimaksud di sini adalah kebutuhan dasar yang tersusun secara hirarki. Kebutuhan biologis, kebutuhan rasa aman, meliputi kebutuhan dicintai, kebutuhan harga diri, pengetahuan, keindahan dan kebutuhan aktualisasi diri.

Gangguan dan penyakit jiwa

  1. Psikosomatik
    Adalah penderita yang menemukan kelainan-kelainan atau keluhan. Pada tubuhnya yang disebabkan oleh faktor-faktor emosional melalui syarat yang menimbulkan perubahan yang tidak mudah pulihnya, misalnya : sulit tidur jika banyak masalah, hilang nafsu makan, makan berlebihan.
  1. Kelainan kepribadian
    Penderita sulit untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial. Misalnya orang suka meledak emosinya.
  1. Retardasi mental
    Adalah keterbelakangan atau keterlambatan perkembangan jiwa seseorang. Contoh dalam memahami sesuatu ilmu pengetahuan yang baru di dapat atau kata-kata baru, cara pemahamannya terlalu lama.
  1. Rasionalisasi
    Dimana penderita sering memutarbalikkan fakta yang bersangkutan dengan ego individunya sendiri atau dalam arti lain memutarbalikkan hati nuraninya sendiri yang mengakibatkan kepercayaan diri hilang.
  1. Neurosis
    Adalah gangguan jiwa yang penderitanya masih dalam keadaan sadar, dengan melalui ketidakberesan tingkah laku, susunan syaraf juga karena sikap seseorang terhadap orang lain. Ciri-ciri neurosis meliputi : sering adanya konflik, reaksi kecemasan, kerusakan aspek-aspek kepribadian, phobia, gangguan pencernaan. Seseorang yang terkena neurosis mengetahui bahwasanya bahwa jiwanya terganggu, baik disebabkan gangguan jasmani dan jiwanya sendiri.
  1. Psikosis
    Pada psikosis ini penderita sudah tidak dapat menyadari apa penyakitnya, karena sudah menyerang seluruh keadaan netral jiwanya.

Ciri-cirinya meliputi :

  • Disorganisasi proses pemikiran
  • Gangguan emosional
  • Disorientasi waktu, ruang
  • Sering atau terus berhalusinasi

Terapi Gangguan Jiwa

Terapi di sini mengandung arti proses penyembuhan dan pemulihan jiwa yang benar-benar sehat. Di antaranya terapi-terapi yang digunakan meliputi beberapa bentuk :

  1. Terapi holistic, yaitu terapi yang tidak hanya menggunakan obat dan ditujukan kepada gangguan jiwanya saja, dalam arti lain terapi ini mengobati pasien secara menyeluruh
  1. Psikoterapi keagamaan, yaitu terapi yang diberikan dengan kembali mempelajari dan mengamalkan ajaran agama
  1. Farmakoterapi, yaitu terapi dengan menggunakan obat. Terapi ini biasanya diberikan oleh dokter dengan memberikan resep obat pada pasien.
  1. Terapi perilaku, yaitu terapi yang dimaksudkan agar pasien berubah baik sikap maupun perilakunya terhadap obyek atau situasi yang menakutkan. Secara bertahap pasien dibimbing dan dilatih untuk menghadapi berbagai objek atau situasi yang menimbulkan rasa panik dan takut. Sebelum melakukan terapi ini diberikan psikoterapi untuk memperkuat kepercayaan diri.

5 Solusi Mengatasi Kaki Pecah-pecah Dan Pencegahannya

Posted: 12 Oct 2014 12:38 AM PDT

DokterSehat.Com – Bagi Wanita yang peduli dengan kesehatan, siapapun orangnya akan selalu memperhatikan kelainan yang terjadi vagian dalam organ tubuhnya, baik yang kelihatan ataupun yang tidak kelihatan. Banyak juga yang diabaikan oleh para wanita dengan apa yang terjadi dengan kelainan pada organ tubuhnya, Sebagai contoh kecil akan di bahas mengenai kesehatan pada kulit kaki yang di sebut Tumit.

Masalah seputar kaki yang kerap dialami wanita adalah telapak kaki pecah-pecah. Tidak hanya mengganggu penampilan, masalah ini juga bisa menyebabkan sakit karena lecet dan iritasi. Dilansir Woman Junction, ada beberapa faktor yang menyebabkan tumit terlihat pecah-pecah. Umumnya, karena kulit kering dan mengeras di sekitar pergelangan kaki bagian belakang hingga tumit.

Kulit pada tumit memang lebih tebal dibandingkan punggung kaki dan telapak. Namun karena tekanan terus menerus -khususnya saat mengenakan sepatu hak tinggi, kulit tumit jadi mengeras dan timbul efek retak atau pecah-pecah. Cara jalan yang salah, diabetes, terlalu banyak terkena debu, berat badan berlebih dan infeksi jamur juga bisa jadi salah satu penyebabnya.

Nah, kalau kaki sudah mulai pecah-pecah dan tidak enak dilihat, lakukan beberapa hal di bawah ini :

  1. Bersihkan dulu kaki dari kuku yang panjang, kotoran di sela kuku serta sel kulit mati. untuk hal ini, Anda bisa melakukan peeling dengan gula, kopi atau scrub kaki khusus.
  1. Gunakan susu pembersih wajah sebagai pengganti lotion untuk menutrisi kaki. Anda bisa tetap beraktivitas. Setelah beberapa jam, bilas kaki agar sel kulit mati terangkat.
  1. Malam hari sebelum tidur, gunakan petroleum jelly. Kandungan salep petroleum jelly bisa memperbaiki kulit kaki yang pecah, keras dan retak-retak.
  1. Setiap seminggu sekali, gunakan aloe vera untuk menutrisi dan mengobati kulit yang pecah.
  1. Setiap kali berjalan, gunakan alas kaki. Hindari lantai yang dingin atau kaki berinteraksi langsing dengan tanah maupun lantai.

Lakukan beberapa tahap di atas secara rutin selama sebulan, treatment ini membutuhkan ketekunan, jadi harus dilakukan dengan rutin setiap hari. Baru hasilnya akan maksimal.

Saat cuaca dingin, coba gunakan kaus kaki. Bila berada di ruangan ber-AC, jangan lupa untuk menutrisi kulit kaki. Terutama bagian jemari kaki, tumit dan mata kaki. Karena area kulit tersebut mudah menebal, kering dan pecah-pecah.

3 Scrub Wajah Dari Bahan Alami Untuk Kulit Berminyak

Posted: 11 Oct 2014 10:40 PM PDT

DokterSehat.Com – Scrub merupakan butiran-butiran kasar yang terdapat di dalam berbagai produk kecantikan, seperti sabun pembersih, pelembab, lotion, body butter dan lainnya. Selain itu scrub juga berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, dan menghaluskan permukaan kulit. Sebenarnya banyak sekali produk-produk kecantikan yang telah menggunakan scrub untuk perawatan wajah dan tubuh, tetapi lebih baik sahabat mencoba untuk membuat perawatan kecantikan sendiri di rumah. Selain mudah dan murah, sahabat juga dapat terhindar dari efek samping.

Berikut 3 scrub wajah alami :

  1. Scrub wajah dari havermut (oats)
    Scrub wajah ini juga bisa membantu Anda untuk mengatasi kulit yang berminyak. Cara membuatnya juga sangat mudah. Cukup campurkan dua sendok havermut (oats) dengan air secukupnya. Untuk menggunakan scrub ini, Anda tinggal menggosokkannya ke wajah Anda. Diamkan dulu selama 5 hingga 6 menit, baru bilas hingga bersih. Havermut bisa mengurangi produksi minyak berlebih di kulit. Apabila Anda menggunakan scrub ini secara teratur, Anda pun bisa mendapatkan kulit yang bercahaya dan bersih.
  1. Scrub wajah dari air perasan jeruk lemon
    Ingin kulit wajah bebas dari minyak berlebih dan terlihat lebih bercahaya? Buat dan gunakan scrub wajah yang satu ini. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mencampurkan 2 sdm garam laut, 1/2 sdm air perasan jeruk lemon, dan 1 putih telur. Campurkan semua bahan, gosokkan ke area wajah Anda, diamkan selama beberapa menit baru bilas dengan air hangat suam-suam kuku. Ekstrak buah lemon bisa mencerahkan warna kulit wajah dan mengatasi jerawat serta noda kulit. Sementara garam laut bisa menghilangkan bakteri dan putih telur bisa mengecilkan pori-pori kulit wajah Anda.
  1. Scrub wajah dari tepung jagung
    Scrub dengan bahan dasar tepung jagung bisa menyerap minyak berlebih di kulit wajah sekaligus membuat tekstur kulit lebih halus. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mencampurkan 2 sdm tepung jagung, 1 sdm air perasan jeruk lemon, dan 1 sdt yogurt. Campurkan ketiga bahan, lalu gosokkan ke wajah Anda. Pijat wajah Anda selama 2-3 menit dengan menggunakan scrub ini. Setelah itu diamkan dulu selama 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat lalu bilas dengan air dingin. Scrub dengan bahan dasar tepung jagung bisa menyerap minyak berlebih di kulit wajah sekaligus membuat tekstur kulit lebih halus. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mencampurkan 2 sdm tepung jagung, 1 sdm air perasan jeruk lemon, dan 1 sdt yogurt. Campurkan ketiga bahan, lalu gosokkan ke wajah Anda. Pijat wajah Anda selama 2-3 menit dengan menggunakan scrub ini. Setelah itu diamkan dulu selama 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat lalu bilas dengan air dingin.

Penggunaan bahan-bahan yang lebih alami untuk perawatan kulit ini bisa dikatakan memiliki risiko berbahaya lebih sedikit. Meskipun memang Anda harus rela untuk sedikit ribet untuk membuatnya, tapi jika hasilnya baik dan memuaskan untuk kulit Anda, maka tak perlu ragu untuk mencobanya.

Ciri-ciri Penyakit Jantung Pada Wanita

Posted: 11 Oct 2014 06:39 PM PDT

DokterSehat.Com – Jantung merupakan di antara organ vital yang penting untuk dijaga kesehatannya. mereka, (wanita pada terutama) yang alami atau menderita penyakit jantung, biasanya dikarenakan dikarenakan kurangnya pasokan oksigen ke jantung, hingga jantung tidak berperan dengan baik.

Penyakit yang sangat jamak berlangsung yaitu serangan jantung. dalam laporan prevention, tiap-tiap tahunnya senantiasa ditemukan data bahwa wanita meninggal dunia dikarenakan serangan jantung. berarti, wanita memanglah lebih berisiko terkena serangan jantung dibanding pria.

ciri-ciri penyakit jantung pada wanita :

  1. Mudah lelah
    Wajar saja bila Anda mudah lelah bila melakukan pekerjaan atau olahraga yang berat, tetapi apabila Anda mudah lelah bila tidak melakukan aktivitas atau kegiatan apapun itu patut untuk diwaspadai. Dipastikan sekitar 70 persen ini merupakan gejala awal dari penyakit jantung.
  1. Nyeri pada tubuh
    Merasakan nyeri pada tubuh seperti pada tulang dada, leher, bahu, punggung bagian atas, dan rahang. Jika Anda merasakan gejala-gejala ini, jangan pernah menyepelekannya.
  1. Berkeringat
    Bila Anda berkeringat di tangan dan bagian tubuh lainnya bila tidak melakukan aktivitas atau mendadak berkeringat Anda harus waspada, ini merupakan salah satu penyakit jantung yang ditandai juga dengan wajah yang pucat.
  1. Merasakan pusing dan mual
    Kondisi pusing dan mual sebanyak 39 persen wanita mengalami gangguan tersebut, bila penderita yang sudah parah tidak hanya pusing dan mual saja yang dirasakan tetapi dapat pingsan juga bila tidak kuat merasakan sakitnya.
  1. Napas sesak
    58 persen wanita mengalami gangguan pada pernapasannya. Gangguan pada pernapasan dapat disebabkan karena rasa lelah yang terlalu berlebihan, setelah melakukan aktivitas berat, dan menaiki tangga.
  1. Insomnia
    Yang meningkatnya penyakit jantung bagi wanita salah satunya disebabkan karena susah tidur atau insomnia, yang meningkatnya penyakit jantung bagi wanita salah satunya disebabkan karena susah tidur atau insomnia
  1. Cemas yang berlebihan
    Tubuh Anda dapat menerima respon bila kondisi Anda sedang cemas, bisa terjadi karena faktor stress seseorang, kondisi seperti ini yang dapat mengakibatkan serangan jantung yang mendadak.

Penyebab Penyakit Jantung Bocor

Posted: 11 Oct 2014 06:39 PM PDT

DokterSehat.Com – Penyakit Jantung Bocor (PJB) adalah kelainan yang terjadi pada struktur jantung yang mengakibatkan terjadinya lubang pada sekat jantung. Ini termasuk kelainan jantung bawaan yang lebih banyak diderita oleh anak-anak, meski dalam beberapa kasus, ada juga orang dewasa yang mengalami kelainan ini.

Proses terjadinya Jantung bocor bisa terjadi sejak masa pembuahan mortality wanita yang hamil akan sesuatu. proses pembentukan jantung janin terjadi iB masa less pembuahan (konsepsi), bahkan sebelum si ibu Sadar dirinya tengah hamil. Formasi jantung suami telah sempurna iB perusahaannya masa trimester nuvifone kehamilan. Namun, regular tidak demikian halnya iB bayi yang mengalami jantung bocor.

IB kasus jantung bocor, sirkulasi darah Kotor mengalir ke sirkulasi darah bersih sehingga bayi menjadi biru. Bila terlalu banyak, darah Kotor distributes Ke sirkulasi darah bersih dan memasuki organ-organ seperti otak penting, maka bisa terjadi sesak napas, kejang disertai, kematian bahkan.

Penyebab penyakit jantung bocor regular tidak diketahui secara pasti, namun hal berikut bisa berisiko terkena penyakit jantung bayi bocor bawaan karena ibu menderita hipertensi, terkena sinar rontgen, ataupun polusi sas kimia, menderita sakit campak, ibu merokok atau terkena polusi asap rokok iB Less-Less Kehamilan .

Tanda dan gejala penyakit jantung bocor

Dalam kasus jantung yang bocor, sirkulasi darah kotor mengalir ke sirkulasi darah bersih dan memasuki organ-organ penting seperti otak. Jika ini terjadi bayi akan menjadi biru, sesak napas, kejang-kejang dan apabila terlambat ditangani bisa mengarah pada kematian.

Dalam dunia medis dikenal dua jenis penyakit jantung bawaan, yaitu penyakit jantung bawaan biru (sianotik) dan tidak biru (asianotik). Pada penyakit jantung bawaan biru, tanda tandanya dapat terlihat pada ujung-ujung kuku, lidah dan bibir yang berwarna biru. Sedangkan pada penyakit jantung bawaan tidak biru biasanya tanda tandanya tidak langsung terlihat, namun anak menunjukkan gejala seperti mudah sakit, mudah lelah, berat badan kurang, susah minum susu, dan lain-lain. Orangtua perlu waspada jika anaknya mengalami gejala-gejala tersebut.

Kebanyakan penderita kelainan jantung arus menjalani operasi, namun ada beberapa kasus yang bisa disembuhkan dengan pengobatan oral. Jika harus mengambil tindakan operasi, penderita memiliki dua pilihan yaitu melakukan operasi jantung terbuka (open heart surgery) atau memilih tindakan katerisasi; yaitu memasukkan kateter melalui lipatan paha. Kateter akan mencapai jantung dan meletakkan alat seperti payung yang berfungsi menutup kebocoran. Meskipun demikian tidak semua kasus bocor jantung bisa dikateterisasi, khususnya jika letak kebocoran berada agak dibawah, jadi pilihannya hanya melakukan bedah terbuka.

Umumnya operasi tersebut dilakukan ketika usia bayi sudah sekitar tiga bulan; namun, jika keadaannya darurat, operasi bisa dilakukan sesegera mungkin. Pada beberapa kasus bocor jantung, seiring bertambahnya usia anak terkadang lubang dapat menutup sendiri. Namun, jika lubangnya terlalu besar, sebaiknya ditutup sebelum usia sekolah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan; yaitu dengan cara ditambal atau terkadang dijahit. Jika lubang pada jantung sudah tertutup, sirkulasi darah akan menjadi normal.

Setelah melakukan operasi, dokter masih akan melakukan beberapa pemeriksaan agar hasil operasi dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Jika diperlukan, dokter akan melakukan serangkaian tes seperti echokardiogram atau elektrokardiogram untuk memantau kondisi pasien. Selain itu, dalam beraktivitas sehari hari penderita tidak memiliki pantangan berarti, kecuali penderita tidak boleh terlalu capek. Terkadang kelainan bocor jantung ini berlangsung sampai dewasa tanpa adanya tindakan untuk menambalnya. Sebenarnya ini tidak membahayakan selama tidak terjadi infeksi pada jantung bocor tersebut.

Obat Peradangan Hati Alami

Posted: 11 Oct 2014 06:39 PM PDT

DokterSehat.Com – Penyakit hati adalah suatu istilah untuk sekumpulan kondisi-kondisi, penyakit-penyakit daninfeksi-infeksi yang mempengaruhi sel-sel, jaringan-jaringan, struktur dan fungsi dari hati. Radang hati merupakan suatu kondisi yang menyebabkan kerusakan pada fungsi hati, sehingga hati tidak mampu menjalankan fungsinya secara maksimal karena terjadinya peradangan di hati. Sedangkan fungsi hati sendiri adalah menyaring darah, membantu mengurai dan mendaur ulang sel-sel darah merah, membuat protein-protein penting seperti kebanyakan yang terlibat pada pembekuan darah, dan lain-lain.

Penyebab

  • Memiliki pola hidup tidak sehat
  • Minum obat berlebih
  • Mengkonsumsi makanan tidak sehat
  • Mimum alkohol
  • Pola makan tidak teratur

Gejala

  • Merasa sakit pada otot-otot
  • Hilangnya nafsu untuk makan
  • Adanya rasa mual dan muntah
  • Terjadi diare
  • Kulit berwarna kuning
  • Gatal-gatal
  • Kelelahan
  • Hipoglikemia (kadar gula darah rendah)
  • Demam ringan
  • Depresi dan lain-lain

Obat peradangan hati alami

Ace Maxs Merupakan Obat yang kaya akan vitamin dan juga khasiatnya, Ace Maxs di buat dengan menggunakan bahan-bahan yang alami seperti kulit buah manggis dan juga daun sirsak yang di formulasikan khusus untuk Pengobatan Peradangan Hati Anda.

Khasiat dari Kulit manggis memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, karena mengandung beberapa zat gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti mangostin, garsinon, flavonoid, epicatechin, spingomyolinase, gartanin, dan zat Xanthone sebagai antioksidan tinggi yang berfungsi menangkal radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh agar tetap stabil. Selain itu, zat Xanthone juga dikatakan sebagai anti bakteri karena dapat menghambat pertumbuhan bakteri Mycobacterium tubercolosis (TBC) dan Staphylococcus aureus (bakteripenyebab infeksi dan gangguan pencernaan). Kulit buah manggis dipercaya sebagai obat untuk asma, alzheimer, jerawat, disentri, diare, sariawan, bronchitis, pneumonia, parkinson, bisul, osteoporosis, HIV, asam urat, menurunkan kadar kolestrol, dananti-depresi. Kulit buah manggis dapat menekan perkembangan virus HIV sehingga penyebaran virusnya tidak meluas ke sel-sel lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar