Senin, 13 Oktober 2014

Dokter Sehat - Informasi Kesehatan Indonesia

Dokter Sehat - Informasi Kesehatan Indonesia


Mengenal Nyeri Pinggang HNP

Posted: 13 Oct 2014 08:10 AM PDT

DokterSehat.Com – Pernah mendengar atau merasakan langsung nyeri pada pinggang secara tiba-tiba ketika berusaha mengangkat beban berat? Atau mungkin nyeri pinggang yang tidak diketahui dengan jelas penyebabnya? Banyak hal bisa mengakibatkan nyeri pada bagian belakang bawah tubuh kita. Di kalangan medis, secara umum keluhan ini disebut LBP (Low Back Pain). Nyeri ini bisa dikarenakan kekakuan atau cedera terbatas pada otot dan struktur sendi lainnya, karena proses peradangan di dalam rongga tulang panggul, proses sumbatan pada saluran kemih atau pun cidera yang langsung mengenai saraf yang ada di sekitar lokasi tersebut. HNP menjadi salah satu dari kelainan yang juga awalnya dirasakan nyeri pada areal sekitar pinggang.

HNP kependekan dari Hernia Nucleus Pulposus, suatu gangguan akibat merembes atau melelehnya (hernia) lapisan atau bantalan permukaan ruas tulang belakang (nucleus pulposus) dari ruang antar ruas tulang (discus intervertebralis).

Faktor resiko

Ada beberapa faktor yang berpotensi menyebabkan HNP, di antaranya adalah berat badan yang berlebihan, gaya hidup bermalasmalasan, dan postur tubuh yang tidak diposisikan secara benar. Faktor lainnya adalah perubahan degeneratif yang mengurangi kekuatan dan stabilitas tulang belakang sehingga menyebabkan tulang belakang rentan terhadap cedera.

Perubahan degeneratif antara lain pertambahan usia yang berpengaruh pada penurunan kemampuan menahan air yang dimiliki nukleus pulposus, proteoglikan rusak, komponen mekanik memburuk yang menyebabkan terlampauinya tekanan maksimal dalam diskus sehingga mengakibatkan penonjolan anulus. Selain itu, pergerakan tiba-tiba dan bertenaga atau traumatik yang memindahkan gaya dalam jumlah besar ke tulang belakang juga berisiko besar terhadap kemungkinan terjadinya HNP.

Manifestasi klinik

Nyeri yang disebabkan oleh HNP dikenal sebagai iskhialgia diskogenik atau siatika, yaitu nyeri sepanjang perjalanan nervus ischiadikus. Level segmen tulang belakang yang terkena akan mempengaruhi daerah nyeri sesuai distribusi dermatom. Nyeri digambarkan sebagai nyeri yang tajam, berpangkal pada bagian bawah pinggang dan menjalar ke lipatan bokong tepat di pertengahan garis tersebut.

Dari titik tersebut ke lipatan lutut terasa ngilu, dan dari lipatan lutut ke maleolus eksterna terasa kurang enak atau parestesia atau hipestesia. Pada kasus yang lebih parah, dapat terjadi defisit motorik dan melemahnya refleks. Jika radiks yang terkena penonjolan diskus adalah L5-S1, maka ujung nyeri iskhialgik adalah hipestesia atau parestesia yang melingkari maleolus eksternus dan menuju ke jari kaki ke-4 dan ke-5.

Diskus yang mengalami herniasi dapat menekan ujung saraf di kauda equina; menyebabkan sindrom kauda equina dimana terjadi saddle anasthesia sehingga menyebabkan nyeri kaki bilateral, hilangnya sensasi perianal (anus), paralisis kandung kemih, dan kelemahan sfingter ani. Sakit pinggang yang diderita pun akan semakin parah jika duduk, membungkuk, mengangkat beban, batuk, meregangkan badan, dan bergerak. Istirahat dan penggunaan analgetik akan menghilangkan sakit yang diderita.

Penegakan diagnosis pada pasien HNP dapat berupa anamnesis dan pemeriksaan fisik. Untuk pemeriksaan penunjang, dapat menggunakan X-ray anatomi tulang belakang. Temuan utama pada x-ray pasien dengan HNP adalah penipisan diskus. Selain itu, juga bisa dilakukan MRI standar emas jaringan lunak pada tulang belakang, seperti diskus intervertebralis, ligamen, sumsum tulang belakang, dan saraf spinal.

Terapi

Pernerapan terapi pada pasien HNP dapat berupa konservatif: istirahat mutlak di tempat tidur, terapi farmakologis, fisioterapi, latihan, traksi, dan korset pinggang. Terapi operatif dilakukan jika ditemukan indikasi, antara lain, terdapat sindrom kauda equine, mengalami defisit neurologis progresif, mengalami defisit neurologis yang nyata, dan rasa sakit yang menetap dan semakin parah empat sampai enam minggu setelah terapi konservatif.

Jenis pembedahan yang bisa dilakukan pada pasien HNP adalah Laminotomi (pemotongan sebagian lamina di atas atau di bawah saraf yang tertekan), Laminektomi (pemotongan sebagian besar lamina atau vertebra), dan Disektomi (pemotongan sebagian atau keseluruhan diskus intervertebralis). Sementara, ada juga yang disebut Minimally Invasive Operation.

Dengan cara ini, insisi yang diperlukan tidak lebar, dimungkinkannya visualisasi lokasi patologi melalui mikroskop atau endoskop, trauma pembedahan yang dialami pasien jauh lebih sedikit, dan pasien dapat pulih lebih cepat.

Tidak Subur Perlu Akupunktur?

Posted: 13 Oct 2014 08:08 AM PDT

DokterSehat.Com – Wanita mana yang tidak kaget saat mendapati dirinya hamil lagi di usia menjelang separuh baya, sementara selama bertahun-tahun setelah kehamilan anak kedua dan lepas dari alat kontrasepsi, hubungannya dengan sang suami tidak sampai menyebabkan kehamilan. Itulah mengapa, ia yakin dirinya tidak subur lagi. Ketika ternyata kehamilan terjadi, semua itu diyakininya terpicu oleh terapi tusuk jarum atau akupunktur yang dijalaninya.

Perkiraan ibu tadi tidak tidak meleset, karena seperti dikatakan dr. Adiningsih Srilestari, M.Epid, akupunktur memang dapat mengembalikan kesuburan wanita, sebab, prinsip pengobatan akupunktur adalah mengembalikan keseimbangan fungsi-fungsi organ tubuh.

Masalah ketidaksuburan apa saja yang dapat diterapi? Terapi akupuntur membantu masalah ketidaksuburan pada wanita, yang disebabkan gangguan fungsi sistem reproduksi, misalnya ketidakseimbangan sistem hormonal. Terapi ini tidak bisa mengatasi masalah ketidaksuburan akibat gangguan atau kelainan organ reproduksi.

Bisa mengatasi penyumbatan atau penyempitan saluran telur? Tidak bisa, karena keduanya termasuk gangguan pada organ reproduksi, sehingga diperlukan tindakan medis.

Bagaimana prinsip dasar terapi ini? Dasarnya adalah merangsang titik-titik akupunktur pada permukaan kulit, yakni suatu bagian tertentu pada tubuh yang memiliki perbedaan tekanan listrik, gelombang suara, serta kepadatan jaringan saraf. Perangsangan menggunakan jarum-jarum akupunktur akan memberikan efek tertentu pada titik tersebut dan bagian tubuh lainnya yang saling berhubungan. Kini akupunktur tidak melulu memakai jarum, tapi juga sinar laser (laserpunktur) dan penyuntikan cairan (akuapunktur). Namun jarum masih paling banyak digunakan karena dapat diterapkan untuk semua umur dan berbagai kondisi kesehatan. Laserpunktur tidak menimbulkan rasa nyeri sehingga cocok untuk anak-anak atau pasien yang takut jarum. Sementara akuapunktur biasanya diterapkan pada pasien dengan penyakit kronis, karena sekaligus dapat digunakan untuk menyuntikkan cairan obat.

Adakah efeknya dalam mengatasi ketidaksuburan? Ada efek yang bersifat terpusat, yaitu berupa peningkatan aliran darah ke rahim dan indung telur (ovarium). Aliran darah yang lebih lancar ini membuat aliran oksigen dan zat-zat nutrisi menuju kedua organ tersebut berlangsung lebih optimal. Sementara contoh efek yang bersifat menyeluruh berupa peningkatan fungsi ketahanan dan keseimbangan sistem hormonal. Kedua jenis efek tersebut secara bersama-sama akan meningkatkan kesuburan serta fungsi organ reproduksi untuk mempersiapkan terjadinya proses kehamilan.

Kapan sebaiknya mulai diterapi? Begitu seorang wanita didiagnosa menderita gangguan fungsi pada organ reproduksinya yang menyebabkan ketidaksuburan atau sulit hamil.

Suami juga harus ikut terapi? Ya, sebaiknya sejak awal, keduanya sama-sama menjalani pemeriksaan untuk mengetahui penyebab ketidaksuburan. Sebab kenyataannya, 40% kasus ketidaksuburan disebabkan gangguan sistem reproduksi pada pria. Misalnya, jumlah dan kualitas sperma yang rendah, ketidakseimbangan sistem hormonal, pelebaran pembuluh darah balik pada buah zakar (varikokel), atau terjadi penyumbatan pada saluran epididimis (saluran keluar sperma). Dengan terapi akupunktur, jumlah dan kualitas sperma dapat ditingkatkan.

Berarti terapi ini menunjang program bayi tabung? Ya, bisa. Dari sejumlah penelitian di beberapa negara, diketahui angka keberhasilan proses inseminasi buatan pada pria yang menjalani terapi akupunktur mencapai 57%, sedangkan yang tanpa terapi akupunktur rata-rata hanya 30%.

Kapan pasangan yang akan ikut program bayi tabung sebaiknya mulai menjalani terapi akupunktur? Biasanya sebelum proses transfer embrio ke dalam rahim dilakukan, mereka lebih dahulu disarankan menjalani terapi sebanyak 4 kali, lalu dilanjutkan 2 kali terapi menjelang jadwal pelaksanaan proses tersebut. Jadwal terapi akan diatur oleh dokter kandungan, disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing pasangan.

Adakah efek sampingnya? Setiap pengobatan memiliki risiko serta efek samping, begitu juga terapi akupunktur. Paling ringan berupa infeksi, kulit membiru karena ada pembuluh darah yang pecah (hematom), nyeri atau rasa tidak nyaman, timbul luka pada organ bagian dalam, atau jarum patah. Sedangkan efek samping yang berat biasanya terjadi jika terapi akupunktur dilakukan terapis yang bukan tenaga medis. Misalnya, kegagalan melakukan deteksi kontraindikasi dan komplikasi penyakit pasien. Namun, risiko tersebut dapat diperkecil dengan cara mendatangi dokter spesialis akupunktur medik.

Telinga sakit Setelah Berenang

Posted: 13 Oct 2014 08:08 AM PDT

DokterSehat.Com – Berenang adalah olahraga yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Melakukan olahraga ini tetap tidak akan menghindarkan kita dari cedera yang mungkin muncul setelah berenang lho. Nah, salah satu contohnya adalah sakit telinga.

Penyakit ini terbagi menjadi sakit telinga dalam dan sakit telinga luar di mana bakteri atau jamur masuk memenuhi telinga Anda. Pada kasus sakit telinga dalam, air masuk ke dalam dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Di dalamnya bakteri atau jamur dengan bebas berkembang biak dan menimbulkan rasa sakit.

Sedangkan pada sakit telinga luar air yang mengandung bakteri akan merusak kulit di saluran telinga. Penyakit ini juga biasa disebut dengan swimmer's ear. Anda harus waspada karena air tempat dimana Anda berenang mulai dari kamar mandi, kolam renang, danau sampai air laut bisa mengandung bakteri yang dapat merusak saluran telinga Anda.

Gejala yang paling jelas adalah, tentu saja, nyeri di telinga Anda ketika Anda menyentuhnya atau bahkan ketika Anda mengunyah atau menguap. Dalam kebanyakan kasus nyeri telinga ditandai oleh sensasi gatal yang dimulai sebelum sakit yang sebenarnya setelah itu. Pembengkakan dan kemerahan dari telinga eksternal juga umum. Dalam beberapa kasus kelenjar getah bening di sekitar telinga bisa membesar. Jika saluran telinga membengkak maka biasanya akan disertai dengan nanah keluar dari telinga. Orang yang sakit telinga akan sering menderita kehilangan pendengaran yang bersifat sementara dan bahkan demam sesekali.

Pengobatan

Jika Anda merasakan rasa sakit telinga maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan Anda akan mendapatkan resep untuk obat tetes telinga. Meskipun ada banyak jenis obat tetes telinga, sebagian besar dapat bekerja karena mengandung antibiotik atau kortikosteroid.

Cara menggunakan obat ini adalah dengan meneteskan obat tersebut pada saluran telinga Anda beberapa kali sehari. Jumlah tetesan yang diperlukan dan frekuensi penggunaan berbeda dari setiap obat, tetapi biasanya 5 sampai 10 tetes sudah cukup dan prosesnya harus diulang 2 sampai 4 kali sehari selama sekitar 10 menit. Lakukan ini sekitar seminggu untuk menyingkirkan rasa sakit pada telinga.

Jika Anda gemar berenang, pastikan untuk menjaga telinga Anda sebersih mungkin. Gunakan cuka atau tetes telinga setelah Anda berenang bahkan jika Anda tidak merasa kemasukan air. Lebih baik berjaga-jaga sebelum Anda mengalami hari-hari yang tidak menyenangkan jika sakit telinga terjadi.

Terapi Akupuntur Bagi Kesehatan

Posted: 13 Oct 2014 08:08 AM PDT

DokterSehat.Com – Terapi akupunktur mungkin bisa anda lakukan jika anda sudah mencoba berbagai jenis pengobatan tradisional lainnya untuk mengobati penyakit tapi tidak bermanfaat sesuai harapan anda.

Terapi akupunktur telah digunakan sejak jaman Tiongkok Kuno untuk menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari sakit punggung, sakit kepala, hingga kemandulan. Saat ini, para dokter belajar lebih banyak tentang manfaat kesehatan nyata akupunktur, sehingga prakteknya menjadi lebih diterima secara luas bila dibandingkan pada saat akupunktur diaanggap semacam pengobatan primitif. Berkonsultasilah dengan dokter anda sehingga anda dapat sepenuhnya memahami apabila akupunktur dapat membantu anda.

Bagaimana terapi akupuntur dengan jarum ini bekerja?

Para ahli pengobatan dari Cina percaya pada aliran energi, energi ini disebut Chi yang mengelilingi tubuh dalam jalur yang disebut jalur meridian. Jalur meridian ini mengalir pada tubuh dekat dengan permukaan kulit pada area tertentu dan dapat diakses dengan menggunakan jarum.

Sama seperti jalur air dalam pipa, aliran energi ini dapat terhalang ataupun mengalir tidak dengan semestinya, penusukan dengan jarum akupunktur bermaksud agar energi ini dapat kembali lancar dan tidak terhalang, serta berjalan dengan semestinya.

Memang kedengarannya seperti alasan yang dibuat-buat dan tidak logis, tetapi penelitian saintifik menunjukkan bahwa terapi akupunktur memang berkhasiat menyembuhkan. Walaupun belum ada penjelasan ilmiah tentang cara kerja akupunktur, tetapi beredar teori bahwa terapi akupunktur menyebabkan efek neurokimia pada otak, modulasi gelombang syaraf dengan tulang belakang, serta perubahan pada jaringan konektif mikroskopis.

Apa resiko dan efek samping dari akupuntur?

Pengobatan dengan cara-cara yang belum memiliki standar ilmiah bukanlah sesuatu yang baru. Penisilin dan aspirin telah digunakan berpuluh-puluh tahun karena memiliki efek yang positif tanpa diketahui dengan pasti cara kerjanya.

Hasil adalah segalanya, dan terapi akupunktur memberikan hasil yang positif. Namun, untuk meminimalisir resiko perlu dipastikan bahwa teknik akupunktur yang digunakan harus aman.

Seperti pengobatan dengan cara-cara yang lain, terapi akupunktur mungkin saja memiliki efek samping. Obat-obatan memiliki resiko efek samping dan reaksi alergi, sedangkan pembedahan memiliki resiko infeksi dan komplikasi. Untuk terapi akupunktur dengan jarum terdapat resiko luka, infeksi (walau jarang), pendarahan kecil, pembengkakan kecil, serta pusing-pusing.

Anda dapat meminimalisir resiko akupunktur dengan memilih akupunkturis yang berlisensi.  Kebanyakan negara sudah memiliki aturan baku untuk pengobatan akupunktur ini.

Tata cara pengobatan dengan akupuntur

Pada awalnya sang akupunkturis akan melakukan inspeksi terhadap sejarah medis anda dan memeriksa kondisi anda saat ini. Beberapa titik akan diraba oleh sang akupunkturis, dan cara pengobatan pun dirumuskan.

Pada prakteknya, kebanyakan pengobatan akupunktur memiliki sepuluh hingga dua puluh sesi pengobatan, dimana pada tiap sesinya membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 90 menit.

Jarum-jarum akan ditusukkan secara hati-hati pada titik-titik tertentu yang akan berguna untuk mengobati sakit dan dibiarkan beberapa lama. Kebanyakan pasien akan merasakan sensasi halus pada tempat yang ditusuk jarum tersebut, tetapi bukan rasa sakit yang sebenarnya.

Setiap sesi terapi akupunktur selesai, anda mungkin akan merasa lelah dan ingin istirahat. Sebagian yang lain mungkin merasa energinya bertambah.

Efek dari terapi akupunktur akan berbeda untuk tiap orang. Pada beberapa kasus mungkin saja pasien langsung merasa penyakitnya mereda. Sedangkan bagi sebagian yang lain mungkin membutuhkan beberapa kali sesi terapi akupunktur sebelum merasakan khasiatnya ataupun perubahan yang signifikan. Terus beri tahu perkembangan yang terjadi pada akupunkturis anda untuk memastikan bahwa semuanya berjalan sesuai dengan yang seharusnya.

Anda tidak perlu takut lagi terhadap jarum, terapi akupunktur adalah pengobatan yang telah teruji khasiatnya sepanjang sejarah. Namun cara pengobatan seperti ini digunakan untuk melengkapi terapi medis yang sudah ada dan bukan untuk menggantikan pengobatan ataupun terapi medis yang biasa.

Aplikasi dari pengobatan dengan terapi akupunktur yang dahulu digunakan oleh bangsa Cina untuk orang-orang terpilih, kini dapat dirasakan oleh penderita-penderita penyakit di seluruh dunia.

Cara Melindungi Mata Dari Radiasi Komputer

Posted: 12 Oct 2014 07:37 PM PDT

DokterSehat.Com – Penggunaan komputer sampai dengan 12 jam sehari dengan monitor yang tidak dilapisi oleh filter anti radiasi akan mengakibatkan mata merah. Monitor komputer sendiri menghasilkan radiasi sinar x, ultravolet, gelombang mikro dan radiasi eletromagnetik berfrekuensi rendah. Semakin terang monitor anda, maka semakin banyak radiasi yang ditimbulkannya. Dampak berikutnya dari radiasi monitor komputer adalah mata yang bergetar dan berkedip, lalu dapat berlanjut memicu rabun jauh atau mata minus, katarak, keguguran dan epilepsi. Sementara dampaknya akan dirasakan mulai 15 sampai 20 tahun kemudian.

Berikut tipsnya :

  1. Atur posisi monitor anda
    Posisi monitor yang baik adalah hal yang sangat menentukan kesehatan mata. Perhatikan jarak monitor dan posisi komputer, posisi monitor yang baik bagi mata adalah dengan posisi yang sedikit lebih rendah di bawah mata.
  1. Atur kenyamanan
    Aturlah monitor sebaik mungkin,  mulai dari terang gelap warnanya, kecerahannya sampai pada besar kecilnya tulisan. Juga perlu diperhatikan dalam pengaturan besar kecilnya huruf yang muncul pada layar komputer. Pengaturan huruf yang terlalu kecil akan mengakibatkan mata menjadi cepatlelah, karena mata harus lebih fokus dalam memperhatikan rangkaian huruf-hurufnya. Sedangkan dengan memilih huruf yang terlalu besar, hal ini pun akan  membuat mata  merasa tidak nyaman.
  1. Istirahatkan mata sejenak
    Semua bagian tubuh tentunya memerlukan waktu untuk  beristirahat. Mata yang lelah karena terlalu lama menatap layar monitor komputer juga butuh diistirahatkan. Cara mengistirahatkan mata yang paling sederhana dan dilakukan dalam beberapa menit saja yaitu dengan cara memejamkan mata dalam beberapa saat sampai mata kembali merasa  rileks.
  1. Selalu sediakan air putih
    Sediakan selalu air putih setiap kali berada atau bekerja di depan komputer. Bukankah tubuh juga sangat memerlukan asupan air putih dalam per hari, saat mata mengalami kelelahan, maka dengan minum air putih akan dapat sangat membantu. Minumlah air putih sesering mungkin, minimal 8 gelas per hari. Dengan melakukan hal ini, bukan hanya mata saja yang mendapatkan kesegaran kembali, tetapi juga seluruh tubuh ikut merasakan kesegarannya.

Itulah beberapa tips melindungi mata dari radiasi komputer, semoga bermanfaat.

Khitan, Langkah Awal Cegah AIDS

Posted: 12 Oct 2014 07:37 PM PDT

DokterSehat.Com – Khitan atau sunat (sirkumsisi) adalah tindakan medis berupa pembuangan sebagian atau seluruh bagian dari kulit luar penis (foreskin) yang membungkus glans atau kepala penis. Di Indonesia, khitan banyak dilakukan pada anak laki-laki yang belum mencapai usia baligh (dewasa secara seksual). Pengambilan keputusan untuk khitan biasanya didasari oleh keyakinan agama, di mana mayoritas penduduk beragama Islam dan mewajibkan para laki-laki untuk melakukan khitan.

Tiga buah studi menunjukkan bahwa khitan bisa mencegah infeksi akibat AIDS hingga 60 persen atau lebih. Kini para ahli berusaha mencari cara agar dapat melakukan khitan lebih cepat, lebih aman, dan lebih murah.

Seorang ahli bedah, menurut situs New York Times edisi 31 Januari 2012, membutuhkan waktu setidaknya 15 menit untuk sekali mengkhitan. Karena itu sekarang sedang dilakukan penelitian untuk mempercepat proses khitan.

Menurut Direktur HIV di Bill and Melinda Gates Foundation, Dr. Stefano Bertozzi, saat ini ada dua alat yang sedang dievaluasi oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk melakukan khitan dengan cara cepat itu, yakni PrePex dan Shang Ring.

PrePex adalah sebentuk lingkaran karet yang mengkompres kulup (ujung alat kelamin pria) dengan cincin plastik di dalamnya. Kulup akan kekurangan darah sehingga mati dalam beberapa jam. Seminggu kemudian, kulup akan terlepas atau bisa dipotong.

Sedangkan Shang Ring adalah penjepit plastik dengan dua cincin yang biasa digunakan di Cina untuk mengobati pria yang kulupnya terlalu ketat, sehingga saluran urinnya perlu dipotong. Metode ini membutuhkan pemotongan kulup melebihi cincin.

Khitan diyakini bisa memproteksi pria heteroseksual karena kulup mempunyai banyak sel Langerhans yang mengambil virus-virus dan memberikannya kepada sistem kekebalan tubuh–yang diserang HIV.

Pada sebuah hasil studi yang ditampilkan dalam konferensi AIDS bulan lalu, ilmuwan dari Kementerian Kesehatan Rwanda mengatakan mereka menggunakan PrePex untuk mengkhitan 590 pria. Hanya dua dari mereka yang mengalami komplikasi ringan; satu disembuhkan dengan jahitan dan yang satu lagi membutuhkan pengikat baru di titik lain.

Berikut adalah beberapa manfaat khitan bagi tubuh :

  1. Berdasarkan penelitian yang diliris dalam Oxford Journal of The National Cancer Institute oleh Christoper Maden et al, khitan dapat mengurangi risiko kanker penis pada pria, walaupun penyakit ini jarang terjadi. Pertumbuhan karsinoma pada sel squamosa penis meningkat 3,4 kali lipat lebih besar pada pria yang tidak pernah disunat dan 3 kali lipat pada anak laki-laki yang disunat setelah periode neonatal. Banyak kasus kanker penis yang berkembang di dalam kulup. Faktor risiko utama terkait dengan phimosis dan higinitas genital yang buruk.
  1. Seperti telah diuraikan sebelumnya, khitan dapat menurunkan risiko infeksi saluran kemih (urinary tract infections/UTI).  Berdasarkan studi yang dilakukan oleh D Singh Grewal dan dipublikasikan dalam British Medical Journal, risiko terkena infeksi ini dapat meningkat 10 kali lebih besar pada pria yang tidak dikhitan dibandingkan dengan pria yang dikhitan. Walaupun infeksi ini lebih banyak ditemui pada bayi usia 6 bulan pertama, namun tidak menutup kemungkinan infeksi dapat terjadi pada tahun-tahun berikutnya. Sekitar 4% anak laki-laki setidaknya pernah mengalami satu kali UTI sebelum mencapai umur 16 tahun. Pada kasus UTI berulang, prosedur khitan sangat dianjurkan karena dapat berdampak merusak ginjal.
  1. Khitan juga dapat mengurangi risiko phimosis dan paraphimosis. Phimosis adalah suatu kondisi di mana kulit terluar penis tidak dapat ditarik kebelakang untuk membuka seluruh bagian kepala penis. Sedangkan paraphimosis adalah kondisi sebaliknya, di mana kulit penis yang telah tertarik kebelakang tertahan dan tidak bisa dikembalikan ke posisi semula. Paraphimosis dapat menyebabkan pembengkakan atau edema di sekitar penis yang dapat menghentikan suplai darah.
  1. Manfaat khitan selanjutnya adalah mencegah penyakit menular seksual seperti sifilis serta menurunkan risiko infeksi human immunodeficiency virus (HIV) dan human papiloma virus (HPV). Berdasarkan telaah artikel yang dilakukan oleh Center of Disease Control (CDC) dari 28 studi berskala internasional sepanjang tahun 2000-an, disimpulkan bahwa khitan pada pria dapat mengurangi risiko infeksi HIV sebesar 44%. Angka ini meningkat menjadi 71% terutama pada kelompok risiko tinggi yang rentan terkena infeksi HIV. Tiga studi klinis yang dilakukan di Afrika, benua dengan prevalensi HIV/AIDS yang tinggi, khitan terbukti menurunkan insiden atau kasus baru pasien terinfeksi HIV sebesar 60% di Afrika Selatan, 51% di Uganda dan 53% di Kenya.

Deteksi Buta Warna Sejak Dini Pada Anak

Posted: 12 Oct 2014 07:37 PM PDT

DokterSehat.Com – Buta warna perlu dideteksi sejak dini, agar orang tua bisa mengarahkan anak untuk pemilihan karirnya kelak.

Menurut dr. Setyowati Suhardjono, Sp.M, buta warna adalah ketidakmampuan melihat warna-warna tertentu. Sementara penglihatan normal memiliki tiga sub sistem, yaitu pembeda terang-gelap, kuning-biru, serta merah-hijau. Buta warna terjadi karena kekurangan pada satu atau dua sub sistem tersebut.

Lebih jelasnya, ujar Wati, sapaan akrab ahli mata ini, buta warna diakibatkan terjadi kerusakan atau kelainan pada sel-sel kerucut yang terdapat pada retina sentral. Selain sel-sel kerucut, retina mata memiliki sel-sel berbentuk batang. Sel-sel kerucut sendiri terdiri dari tiga macam, yakni sel kerucut untuk warna merah, warna biru, dan warna hijau

Anak yang mengalami buta warna bisa diketahui dengan mengetesnya mengenali warna. Anak yang mengalami buta warna parah hanya akan mengetahui dua warna saja, yaitu hitam dan putih. Orang tua harus mengetahui dan menanyakan hal ini kepada anaknya sejak dini agar buta warna dapat dideteksi sejak dini.

Vitamin yang dibtuhkan untuk kebaikan mata

Manusia membutuhkan banyak vitamin yang dapat menjaga kesehatannya. Untuk kesehatan mata, beberapa vitamin yang dibutuhkan terutama adalah vitamin A, dan vitamin C. Anak yang kekurangan vitamin A memiliki resiko menderita rabun senja, yaitu dimana anak tidak bisa melihat pada waktu senja menjelang malam. Ini sangat berbahaya jika anak harus beraktivitas di malam hari.

Deteksi buta warna sejak dini bisa dilakukan dengan mengetahui apakah anak kekurangan vitamin atau tidak. Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan katarak mata. Kebutuhan manusia akan vitamin harus dipenuhi. Banyak sekali jenis makanan yang mengandung vitamin, biasanya vitamin banyak tekandung dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. Vitamin A banyak dikandung dalam buah dan sayur seperti wortel, tomat, dan lainnya. Buah yang banyak mengandung vitamin C adalah jeruk. Penuhilah kebutuhan vitamin pada anak anda agar anak anda terhindar dari penyakit mata.

Penyakit mata yang sering menjangkiti anak

Banyak sekali jenis penyakit mata yang biasa diderita anak, misalnya katarak, buta warna, bahkan sampai kanker mata. Beberapa ciri dan gejala penyakit mata ini sebaiknya diketahui betul oleh orang tua, sehingga dapat dideteksi sedini mungkin dan anak akan mendapatkan penanganan lebih dini. Beberapa penyakit mata seperti kanker mata bisa disembuhkan dengan pengobatan sedini mungkin. Lakukanlah pengecekan ke dokter untuk mengetahui secara jelas apa yang diderita anak. Deteksi buta warna sejak dini pada anak adalah hal yang harus anda lakukan.

5 Kebiasaan Yang Bisa Merusak kaki

Posted: 12 Oct 2014 07:36 PM PDT

DokterSehat.Com – Berapa banyak dari Anda yang memerhatikan keindahan dan kesehatan kaki? Jangan sampai Anda melupakan bahwa kaki juga merupakan aset berharga bagi seorang wanita. Tapi untuk merawatnya, Anda harus tahu lebih dulu beberapa hal yang dapat merusak kaki.

Kebiasaan yang bisa merusak kaki :

  1. Lari tanpa alas kaki
    Seperti yang dilansir oleh huffingtonpost.com, ada 38 otot di kaki kita dan otot-otot tersebut menyusun 25 persen dari jumlah keseluruhan otot tubuh. Dan lari tanpa alas kaki bisa cukup problematis bagi orang yang sudah terbiasa lari dengan mengenakan sepatu. Dr. Sherri Greene, seorang ahli penyakit kaki dari New York mengatakan bahwa karena banyak orang yang tak melatih kakinya, banyak yang pada akhirnya memiliki otot dan tendon yang lemah. Dan bagi orang yang menderita neuropati gangguan sarat, sangat tidak disarankan untuk lari tanpa alas kaki. Jika Anda ingin lari tanpa alas kaki, pastikan Anda melatih kekuatan kaki Anda terlebih dahulu.
  1. Tidak menggunakan kaos kaki
    Mengenakan sepatu tanpa kaos kaki bisa membuat jamur tumbuh di kaki. Jamur suka tumbuh di lingkungan yang gelap dan lembab. Karena jamur juga bisa bertahan dalam jangka waktu lama di sepatu, Anda juga masih berisiko terkena infeksi meskipun Anda telah membersihkannya. Untuk mencegahnya, selalu gunakan kaos kaki jika mengenakan sepatu.
  1. Terlalu sering mengenakan sepatu berhak tinggi (high heels)
    Sesekali memakai sepatu berhak tinggi tak akan berpengaruh buruk. Tapi jika Anda memakainya sepanjang hari dan setiap hari, maka Anda berisiko besar terkena bunion (bentuk deformitas (pergeseran fragmen pada fraktur) di kaki yang paling umum). Jika terkena bunion, biasanya Anda perlu melakukan operasi untuk mengembalikan posisi ibu jari kaki Anda.
  1. Mengenakan sandal jept kemana-mana
    Meskipun sandal jepit tampaknya menjadi sandal yang paling nyaman untuk dipakai ke mana-mana, tapi sandal jepit tidak bisa memberikan penyokong yang baik untuk kaki. Ketegangan otot kaki bisa terjadi akibat penggunaan sandal jepit yang berlebihan. Bahkan risiko tersandung juga semakin tinggi apabila Anda mengenakan sandal jepit karena Anda harus menahan penjepit dengan ibu jari kaki Anda, belum lagi jika jalan di jalanan yang licin.
  1. Tidak mengganti sepatu lari
    Kapan terakhir kali Anda mengganti sepatu lari Anda? Sepatu lari yang paling nyaman sekalipun jika disimpan terlalu lama akan kehilangan daya penyokong dan kemampuan untuk menahan tumpuan kaki Anda. Sebaiknya segera ganti sepatu lari Anda jika Anda sudah merasa kurang nyaman memakainya.

Ketika melakukan olahraga seperti lari, kenali kemampuan Anda dan jangan sampai berlebihan. Saat kaki Anda cedera, segera kenali gejalanya dan tangani dengan menghubungi dokter secara langsung untuk mencegah dampak yang lebih parah atau berbahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar